Kamis, 23 Februari 2012

Morpologi Tanaman Padi

Advertisement
Advertisement

Tanaman padi (Oryza stiva) termasuk golongan tanaman semusim, bentuk batangnya bulat dan  berongga, daunnya memanjang seperti pita yang berdiri pada ruas-ruas batang dan mempunyai sebuah malai yang terdapat pada ujung batang.
a)      Akar
Setelah lembaga tumbuh, akar tunggang yang terdiri dari akar lembaga terus masuk ke dalam tanah. Kemudian pangkal batang yang muda mengeluarkan akar serabut.
b)      Batang
Batang padi tersusun dari ruas-ruas. Antara ruas yang satu dengan ruas yang lain dipisahkan oleh satu buku. Ruas batang padi di dalamnya berongga dan bentuknya bulat. Tinggi tanaman berpariasi antara 80-120 cm.
c)      Daun
Daun terdiri dari helai daun yang berbentuk memanjang seperti pita dan pelepah daun yang menyelubungi batang. Pada perbatasan antara helai daun dan upih terletak lidah daun. Upih daun berguna untuk memberikan dukungan kepada bagian buku yang  jaringannya empuk. Panjang dan warna lidah daun berfariasi tergantung varietas yang ditanam. Lidah daun duduknya melekat pada batang sehingga dapat mencegah masuknya air hujan di antara batang dan upih daun. Panjang dan lebar dari helai daun tergantung kepada varietas padi yang ditanam. Daun ketiga dari atas biasnya merupakan daun terpanjang.
d)     Bunga
Bunga padi termasuk bunga sempurna. Pada waktu bunga terbuka maka kepala putik pun terkuak ke luar.  Lamanya bunga membuka sekitar 30-90 menit serta bunga membuka berakhir antara jam 11 hingga jam 12.
e)      Buah
Biji padi atau gabah sebenarnya bukan biji, melainkan buah padi yang tertutup oleh lamma dan palea. Buah terjadi setelah selesai penyerbukan dan pembuahan. Kemudian tertutup lamma dan palea serta bagian-bagian lain membentuk sekam. Dinding bakal buah terdiri dari tiga bagian, yaitu paling luar disebut epicarpium, bagian tengah disebut mesocarpium dan bagian dalam disebut endocarpium.
Catatan : Jika Copy Paste catatan ini silahkan cantumkan sumbernya. (By. M.Sholahudin A.)

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.
EmoticonEmoticon