Kelas Dengan Konsep 'Go Green' (Clean, health, anti galau)

Advertisement

Kiriman Dari : Selvi Nurmala
Facebook : https://www.facebook.com/vhyye.yasashii


Hello sob...
kali ini saya ingin sedikit membahas tentang  kelas dengan konsep 'Go Green'. Di persembahkan buat sobat semua yang ingin berinovasi agar ruangan belajarnya unik, nggak ngebosenin, sehat, dan pastinya anti galau..
so, bikin kegiatan belajar  kamu tambah seru and fressh....
ok deh, daripada banyak basa basi, mending langsung aja ke bahasan kita kali ini. tapi janji yaa jangan kemana mana, lanjutin bacanya !

beikut uraian kegiatannya..

1. program "one person, one pot"
Maksudnya, setiap siswa yang mendiami kelas tersebut wajib membawa 1 pot yang di tanami tanaman hias, kemudian mereka di beri tanggung jawab untuk merawat tanaman tersebut agar tetap segar dan indah.  koq ribet banget sichh....?? hmm.. sebenernya nggak koq sob, justru menyenangkan menjalankan program ini. karena selain kita kebanjiran pahala gara gara merawat tanaman, kita juga bisa memanjakan mata dan otak kita dengan kesegaran khas yang dateng dari tanamannya. Alhasil, otak kita semakin fresh dan kita semakin nyaman berada di lingkungan kelas, Asyikk kann??

2. Pake sandal selama KBM
Lah koq pake sendal sich? bukanya sekolah itu harus pake sepatu y?? ssstttt... tenang dulu sob! maksudnya gini, dari rumah ampe masuk ke lingkungan sekolah kita tetep pake sepatu. tapi, pas masuk ruangan, sepatu harap di lepas. sebagai gantinya yaitu memakai sandal khusus ruangan yang sudah di sediakan. tujuanya agar ruangan tetap terjaga kebersihannya. sebenernya program ini di adopsi dari negeri Sakura, Jepang. Gak ada salahnya donk di terapkan di kita, hasilnya TOP BGT loehh....

3. Pengelolaan limbah
Nah, yang terakhir pengelolaan limbah. caranya, tiap ruangan harus menyediakan 3 tempat sampah. untuk sampah an organik, organik dan sampah kertas. tujuannya untuk mempermudah pengelolaan. sampah an organik bisa kita mangfaatkan untuk membuat kerajinan tangan, sampah organik bisa di mangfaatkan untuk membuat organic fertilizer (pupuk organik), dan sampah kertas bisa kita daur ulang.

Gimana, keren kan sob!! di jamin deh kelas kamu bakal indah, bersih, dan pastinya anti galau. selain itu, jika hasil pengolahan sampah itu di bikin prakarya dan di jual hasilnya lumayan juga kan?? coba deh!!

~Salah Satu Program SMKN 1 MAJA~
koordinator program: Bpk Deniar D

Advertisement

4 komentar

program bagus, patut di contoh, salam sukses selalu

sipz...
seoga bisa di kembangkan d sekolah lain....;)

sepertinya hal ini tidak memungkinkan dilaksanakan disekolah saya :(

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.