Senin, 08 Oktober 2012

Definisi Ekologi dan Lingkungan

Advertisement
Advertisement

Definisi Ekologi dan Lingkungan - Ekologi merupakan salah satu cabang dari biologi yang mempelajari pengaruh faktor lingkungan terhadap jasad hidup. Kata ekologi pertama kali diperkenalkan oleh Ernest Haekel, ahli biologi Jerman pada tahun 1869, namun sebelumnya yakni pada tahun 1965 Reiter juga telah menggunakan istilah ekologi dalam karyanya. Secara etimologis, Ekologi berasal dari bahasa Yunani ‘oikos’ (rumah tangga atau tempat hidup) dan ‘logos’ (ilmu). Jadi ekologi adalah ilmu tentang rumah atau tempat tinggal makhluk yang secara harfiah diartikan sebagai pengkajian hubungan organisme-organisme atau kelompok organisme terhadap lingkungannya.
Meskipun sama-sama berasal dari kata oikos, ekologi memiliki perbedaan makna dengan ekonomi yakni bahwa ekologi mempelajari rumah tangga makhluk hidup sedangkan ekonomi mempelajari rumah tangga manusia. Selain itu, sumber energi dalam ekologi adalah sinar matahari sedangkan sumber ‘energi’ dalam ekonomi adalah uang (Zoer’aini:2010). Terlepas dari perbedaannya, pada dasarnya ekonomi dan ekologi sangat berkaitan terutama dalam keharmonisan hubungan kesejahteraan manusia dan kelestarian alam.
Ekologi hanya mempelajari apa yang terjadi di alam dengan tidak melakukan percobaan. (Zoer’aini: 2010). Ekologi juga biasa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannnya.
Menurut Odum (1971) ekologi mutakhir adalah suatu studi yang mepelajari struktur dan fungsi ekosistem atau alam di mana manusia adalah bagian dari alam. Struktur di sini menunjukkan  suatu keadaan dari sistem ekologi pada waktu dan tempat tertentu termasuk kerapatan/kepadatan, biomass, penyebaran potensi unsur hara (materi), energi, faktor-faktor fisik dan kimia lainnya yang mencirikan
Dari definisi-definisi ekologi yang dikemukakan di atas, jelaslah bahwa ekologi merupakan ilmu murni yang mengkaji hubungan yang saling mempengaruhi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam hal ini objek kajian ekologi adalah makhluk hidup, lingkungan yang ada di sekitar makhluk hidup tersebut, dan hubungan antara keduanya.