Minggu, 03 Februari 2013

Sumber Bahan Dasar Pupuk Kompos

Tags
Advertisement
Advertisement

Sumber Bahan Dasar Pupuk Kompos - Pada dasarnya sumber dasar pupuk kompos adalah komponen-komponen organik, dimana komponen ini biasanya sangat mudah didapat, karena kebanyakan hasil dari limbah yang ada di sekeliling kita. Berikut ini Sumber Bahan Dasar Pupuk Kompos :

  • Limbah Ternak dan manusia : Limbah padat dan cair, Limbah rumah tangga, limbah pemotongan hewan, limbah peternakan ayam, dan babi.
  • Limbah Tanaman, limbah kayu, dan gulma air : limbah padi (jerami dan sekam) gulma air, kulit kacang tanh, dan lain lain.
  • Pupuk Hijau : Tanaman penutup tanah, legum, rumput, gulma. 
  • Sampah Kota dan Pemukiman : Limbah padat, limbah cair, dan limbah bio gas. 
  • Limbah Agro Industri : Sari kacang, ampas tebu, bumbu masak (MSG), limbah pengolah kayu dan kertas, serbuk gergaji, kelapa sawit. 
  • Limbah Hasil Laut : Rumput laut, pakan ikan dan lain lain.
Bahan-bahan tersebut biasanya sangat mudah didapatkan namun jika kita membutuhkan dalam skala yang cukup banyak biasanya bahan-bahan tersebut diperjualbelikan. 

4 komentar

Duh ternyata sisa limbah semua bisa dimanfaatin ya? Kreatif2.
www.binauralbeats.co.id

Trimakasih informasi membantu sekali,...

Kebetulan sekali, disekitar rumah saya banyak warga yang memelihara sapi perah dan kotorannya tidak dimanfaatkan dengan benar,, saya mau mencoba membuat pupuk.

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.
EmoticonEmoticon