Benarkah Kurang Tidur dapat Menambah Gemuk ?

Advertisement
thumbnail postingan
Benarkah Kurang Tidur dapat Menambah Gemuk ? - Tidur merupakan suatu kenikmatan bagi manusia, jika kita kurang tidur keesokan harinya sering merasakan kurang enak badan, sakit pinggang, bahkan dapat menghilangkan mood kita ketika akan melaksanakan aktifitas. Penelitian terbaru dari the American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kurang tidur dapat menambah berat badan Anda, seperti yang dilansir oleh Reader'sDiggest

Para peneliti di the New York Obesity Nutrition Research Center di Rumah Sakit St. Luke's-Roosevelt menemukan bahwa kurang tidur dapat membakar kalori sama banyak dengan istirahat yang cukup, tetapi orang yang kurang tidur mengonsumsi lebih dari 300 kalori per hari. Padahal sebenarnya kita hanya membutuhkan 3.500 kalori untuk menambah berat badan, kelebihan kalori akan membuat tubuh kita kelebihan berat.

Tetapi ada beberapa alasan lain yang menyebabkan kurangnya tidur dapat menambah berat badan kita, kata spesialis gangguan tidur, Michael Breus. Ketika kita terlalu sedikit memejamkan mata, sistem metabolisme tubuh semakin lambat dalam menghasilkan energi. Keterlambatan ini memicu peningkatan hormon kortisol, yang dapat meningkatkan nafsu makan. Tubuh Anda memerlukan lebih banyak energi, jadi tubuh meminta lebih banyak makanan.

Alasan lainnya, kurang tidur dapat menyebabkan tubuh kita menghasilkan lebih banyak ghrelin, hormon lain yang menyebabkan rasa lapar, dan berkurangnya leptin, hormon yang bertugas untuk memberitahu bahwa perut kita sudah terlalu penuh. Hal ini menyebabkan tubuh kita ingin mengonsumsi lebih banyak makanan tetapi sensitivitas yang memberi tahu kapan kita harus berhenti makan berkurang. Belum lagi, ketika terjaga, Anda mempunyai waktu lebih banyak untuk ngemil.

"Semakin lama Anda terjaga, akan semakin besar keinginan Anda untuk makan," Kata Breus. "Dan mungkin Anda mengonsumsi makanan yang tinggi lemak atau karbohidrat."

Faktor lain yang menyebabkan naiknya berat badan adalah tubuh membakar kalori selama tidur, ketika Anda benar-benar tertidur nyenyak. Dan kurang tidur berarti kurangnya waktu juga untuk membakar kalori.

Untuk kesehatan maksimal, para ahli mengatakan, Anda harus tidur selama 7,5 jam di malam hari. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, lakukan latihan pada siang hari, hal ini membuat tubuh Anda lelah pada malam harinya. Selain itu jauhkan kekhawatiran Anda akan tugas-tugas Anda, dan tetap lakukan kegiatan-kegiatan santai sebelum tidur, seperti mendengarkan musik atau menonton film favorit Anda.

Jadi, jika berat badan ingin selalu terjaga, maka usahakan untuk tidur yang cukup di malam hari. Jika anda mengalami kesulitan didur, silahkan mengkonsumsi Aneka makanan pengganti obat tidur.

(AA/CarGam/vemale)
Advertisement