Penyakit Pada Tanaman dan Tumbuhan

Advertisement
Penyakit tanaman adalah gangguan pada tanaman yang disebabkan oleh mikroorganisme. jasad patogen yang biasa menyebabkan tanaman menjadi sakit adalah jenis jamur atau cendawan, bakteri, virus, protozoa, nematoda dan lain lain. pada beberapa kajian, nematoda dikategorikan sebagai hama karena cara merusaknya sama dengan hama. namun di beberapa literatur lain nematoda dapat dikategorikan penyakit tanaman karena nematoda termasuk kedalam kelompok mikroorganisme.

Penyebab Penyakit Tanaman
penyebab penyakit tanaman bisa karena lingkungan biotik maupun abiotik. penyakit tanaman yang disebabkan karena faktor biotik adalah penyakit yang diakibatkan oleh organisme penganggu misalanya cendawan, bakteri dan lain sebagainya. sedangkan penyakit yang disebabkan oleh faktor abiotik misalnya defisensi hara, kerusakan yag timbul akibat terlalu lembab, terlalu kering dan sebagainya. cara untuk membedakan antara penyakit biotik dan penyakit abiotik adalah pada penyakit abiotik biasanya gejala kerusakan rata pada satu hamparan tanaman sedangkan pada penyakit yang diakibatkan faktor biotik gejala serangan cenderung tidak merata. — Penyebaran penyakit ini dapat melalui angin, air, serangga dan faktor lingkungan (kelembapan dan suhu). selain itu juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan tanaman yang sakit ataupun alat alat pertanian yang sudah terkontaminasi. manusia pun dapat menjadi penyebar patogen yang efektif.

Penyakit Pada Tanaman dan Tumbuhan

Macam-macam penyakit pada tanaman dan penyebabnya

1. CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration)
  • Sebab: penyebab penyakit ini adalah bakteri Liberobacter asiaticum. bakteri ini merusak jaringan tapis (floem) tanaman jeruk. penyakit ini  dapat ditularkan melalui vektor yaitu serangga Diaporina citri atau kutu kebul.
  • Akibat: Daun menjadi kecil dan berwarna kuning serta pertumbuhan kuncupnya lambat. Pada stadium lanjut, daun gugur dan menyebabkan tanaman tidak produktif lagi dan akhirnya mati.
2. Penyakit Mosaik pada Tembakau
  • Sebab: virus TMV (Tobacco Mosaic Virus)
  • Akibat: Daun tembakau berkerut dan bercak-bercak kuning , serta terjadi pengekerdilan pada bagian tanaman. gejala ini tergantung pada jenis tanaman inang dan strain virus yang menyerang juga sangat tergantung pada kondisi genetik dan lingkungan mikro tanaman. berbeda halnya dengan penyakit, virus ini tidak merusak tanaman dengan cara memakan ataupun membunuh sel sel tanaman. akan tetapi virus ini merusak dengan cara mengambil alih proses metabolisme tanaman sehingga tanaman menjadi abnormal.
3. Penyakit Rebah Kecambah
  • Sebab: Pythium debaryanum (protista spt jamur) ataupun jamur Rhizoctonia sp.
  • Akibat: pembusukan kecambah/bibit tanaman dan busuk akar pada tanaman budidaya sehingga kecambah rebah ke tanah. selain itu timbul tanda penyakit berupa miselium jamur yang berwarna putih pada permukaan tanah ataupun pada pangkal batang. 
4. Penyakit pada Tanaman yang disebabkan oleh jamur api (ustilago) :
  • Ustilago maydis : penyakit pada tanaman jagung 
  • Ustilago avenae: penyakit pada tanaman gandum 
  • Ustilago scitaminea: penyakit pada pucuk tebu.

Advertisement

2 komentar

informasi tentang penyakit tanaman, trimakasih

sama sama mas. semoga bermanfaat.

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.