Cara Membuat Bokashi dari Jerami

Advertisement
Cara Membuat Bokashi dari Jerami
Cara Membuat Bokashi dari Jerami - Sebelum paktek ke cara pembuatan bokashi dari jerami sebaiknya kita mengenal dulu apa pengertian dari bokashi itu sendiri, silahkan baca artikel pengertian bokashi.

Pertanian organik di masa sekarang sedang menjadi tren d dunia pertanian. Hal ini dikarenakan sadarnya banyak kalangan yang peduli terhadap lingkungan dan kesehatan.

Tanah yang semakin gersang dan rusak karena penggunaan pupuk kimia, kemudian sadarnya masyarakat akan kesehatan untuk mengkonsumsi makanan organik yang sehat tanpa adanya zat kimia, itu merupakan faktor utama kenapa kita harus menggunakan bahan bahan organik. Salah satunya adalah dengan menggunakan Pupuk Organik dengan teknik Bokashi

Banyak cara untuk membuat bokashi, salah satunya adalah dengan cara membuatnya dari limbah jerami, berikut langkah langkah pembuatannya :

Bahan yang digunakan:
  • Jerami sebanyak 10 kg (bisa juga rumput atau tanaman kacangan) yang telah dipotong-potong sehingga jerami berukuran panjang sekitar 5-10 cm. 
  • Dedak sebanyak 0,5 kg dan sekam sebanyak 10 kg. 
  • EM4 sebanyak dua sendok makan (10 ml). 
  • Molases atau gula sebanyak dua sendok makan (10 ml) dan air secukupnya. 
Cara pembuatan Bokashi:
  1. Pertama-tama dibuat larutan dari EM4, molasses/ gula dan air dengan perbandingan 1 ml : 1 ml :1 liter air. 
  2. Bahan jerami, sekam dan dedak dicampur merata di atas lantai yang kering. 
  3. Selanjutnya bahan disiram larutan EM4 secara perlahan dan bertahap sehingga terbentuk adonan. Adonan yang terbentuk jika dikepal dengan tangan, maka tidak ada air yang keluar dari adonan. Begitu juga bila kepalan dilepaskan maka adonan kembali mengembang (kandungan air sekitar 30%). 
  4. Adonan selanjutnya dibuat menjadi sebuah gundukan setinggi 15-20 cm. Gundukan selanjutnya ditutup dengan karung goni selama 3-4 hari. Selama dalam proses, suhu bahan dipertahankan antara 40-50 o C. Jika suhu bahan melebihi 50 o C, maka karung penutup dibuka dan bahan adonan dibolak-balik dan selanjutnya gundukan ditutup kembali. 
  5. Setelah empat hari karung goni dapat dibuka. Pembuatan bokashi dikatakan berhasil jika bahan bokashi terfermentasi dengan baik. Ciri-cirinya adalah bokashi akan ditumbuhi oleh jamur yang berwarna putih dan aromanya sedap. Sedangkan jika dihasilkan bokashi yang berbau busuk, maka pembuatan bokashi gagal. 
  6. Bokashi yang sudah jadi sebaiknya langsung digunakan. Jika bokashi ingin disimpan terlebih dahulu, maka bokashi harus dikeringkan terlebih dahulu dengan cara mengangin-anginkan di atas lantai hingga kering. Setelah kering bokashi dapat dikemas di dalam kantung plastik. 
Cara Penggunaan :
Bokashi jerami sangat baik digunakan untuk melanjutkan proses pelapukan mulsa dan bahan organik lainnya di lahan pertanian. Bokashi jerami juga sesuai untuk diaplikasikan di lahan sawah.

[Cara Gampang - Membuat Bokasi dengan bahan utama Jerami]
Advertisement

Tidak ada komentar

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.