Minggu, 10 Agustus 2014

Cara Membuat Bokashi Expres Cepat Menggunakan EM4

Advertisement
Advertisement

Cara Membuat Bokashi Expres Cepat Menggunakan EM4 - Cara pembuatan bokasi dengan teknik ini merupakan cara pembuatan bokashi yang paling cepat, karena bokashi dapat di gunakan setelah proses pembuatan kurang lebih sekitar satu hari satau malam, atau 24 jam.

EM4 sebanyak dua sendok makan (10 ml) dan air secukupnya
Jerami kering, daun kering, serbuk gergajian dan bahan lainnya sebanyak 10 kg.
Pupuk kandng sebanyak 5 kg dan dedak sebanyak 1 kg.
Molases\gula pasir sebanyak dua sendok makan (10 ml).
.
Cara pembuatan :
Cara pembuatan bokashi ekspres sama dengan cara pembuatan bokashi pupuk kandang-tanah, hanya bahan-bahan yang akan difermentasikan dicampur dengan bokashi yang sudah jadi dan dedak secara merata. Proses fermentasi hanya berlangsung selama 24 jam dan sesudahnya bahan dapat diaplikasikan sebagai pupuk organik.

Cara Membuat Bokashi Expres Cepat Menggunakan EM4

Kegunaan :
Bokashi ekspres sangat baik untuk dijadikan mulsa pada pertanaman sayuran dan buah-buahan.

Cara penggunaan : 

1. Untuk lahan tegalan dan sawah

Penggunaan bokashi untuk setiap meter perseginya adalah sekitar 3-4 genggam bokashi, kecuali pada tanah yang kurang subur dapat dilebihkan. Bokashi disebar merata di atas permukaan tanah. Pemberian dapat juga dilakukan dengan cara mencampur bokashi dan tanah. Hal ini dapat dilakukan pada waktu pengolahan tanah. Sedangkan pada tanah sawah pemberian bokashi dilakukan saat pembajakan dan setelah tanaman berumur 14 hari dan 30 hari. 

2. Untuk pembibitan 
Lahan yang akan dijadikan sebagai tempat pembibitan disiram dengan larutan EM4 dengan dosis 2 ml per liter air. Selanjutnya lahan dibiarkan selama satu minggu sebelum lahan siap untuk digunakan

3. Untuk tanaman buah-buahan
Bokashi disebar secara merata di permukaan tanah atau di sekitar daerah perakaran. Selanjutnya larutan EM4 disiramkan dengan dosis 2 ml per liter air setiap dua minggu sekali.

[CaraGampang.Com] - Cara Membuat Bokashi Expres Cepat Menggunakan EM4

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.
EmoticonEmoticon