Faktor Faktor Pembatas Kemampuan Lahan

Advertisement
Faktor Faktor Pembatas Kemampuan Lahan - Kemampuan lahan merupakan hasil kerja berbagai faktor pembatas yang secara alami terdapat pada lahan tersebut. Faktor-faktor pembatas tersebut terdiri dari topografi, tekstur tanah, drainase, erosi, permeabilitas, kedalamn efektif dan beberapa faktor khusus.

Faktor Faktor Pembatas Kemampuan Lahan
Baca Dulu :
Topografi atau bentuk wilayah merupakan faktor penghambat yang berada atas permukanaa lahan. Dapat dikatakan bahwa semakin berat keadaan topografi suatu lahan, semakin besar hambatan terjadi dan semakin terbatas jenis usaha yang dapat dilaksanakan pada lahan tersebut. Anda dapat membayangkan, lahan yang berbukit-bukit lebih terbatas penggunaannya untuk berusaha dibandingkan dengan lahan yang topografinya berombak atau bergelombang. Demikian pula lahan yang berombak dan bergelombang akan lebih terbatas dari pada lahan yang datar atau sedikit miring.

Tekstur tanah adalah faktor penghambat yang berada di dalam lahan. Secara umum dapat dikatakan bahwa semakin kasar tekstur tanahnya semakin rendah kemampuan lahannya. Oleh karena itu, bila tanahnya bertekstur pasir maka kemampuan lahannya akan semakin rendah dibandingkan bila tanahnya bertekstur debu atau liat. Rendahnya kemampuan lahan pada kawasan yang tanahnya bertekstur pasir disebabkan oleh rendahnya kemampuan alami tanah pasir, karena dengan butir-butirn yang besar, menyebabkan rendahnya daya menahan air dan juga rendahnya kesuburan tanah tersebut.

Drainase sangat mempengaruhi aerasi atau tata udara tanah. Dengan demikian semakin baik drainase tanah akan semakin baik pula kemampuan lahan tersebut. Tanah yang berdrainase baik memiliki kandungan oksigen yang cukup didalam tanah, sehingga perkembangan akar tanaman tidak akan mengalami hambatan dan pertumbuhan tanman tidak akan terganggu. Tanah yang berdarinase baik adalah tanah yang keadaannya porus (longgar) dan cukup mengandung bahan organisme atau humus.

Erosi sangat merusak keadaan tanah. Bila terjadi erosi maka lapisan tanah atas yang subur akan hilang, kedalaman efektif tanah berkurang atau mungkin pula habis, kemampuan menyimpan air dari tanah rendah karena sebagian besar air yang jatuh mengalir kembali di permukaan, dan bila dibiarkan dapat pula terjadi longsor lahan (land slide) dan akibat buruk lainnya. Oleh karena itu, semakin berat erosi terjadi akan semakin rendah kemampuan lahannya.

Permeabilitas atau kemampuan tanah meneruskan air yang jatuh di atasnya ke lapisan tanah yang lebih dalam sangat berpengaruh terhadap persediaan airt di dalam tanah. Tanah yang memiliki permeabilitas tinggi akan berpengaruh baik kepada pertumbuhan tanaman, karena kapasitas kandungan airnya tinggi pula. Dengan demikian semakin permeable tanahnya semakin tinggi kemampuan lahannya.

Selain faktor-faktor tersebut diatas, beberapa faktor khusus seperti kemasaman (pH) tanah, salinitas, kadar racun, keadaan batuan, jenis lahan gambut, dan keadaan banjir atau sering tergenangnya lahan, mempunyai pengaruh yang sangat berarti pada kemampuan lahan. Lahan yang memiliki pH antara 5,5-8,0 cukup sesuai untuk tanaman pertanian. Akan tetapi, lahan yang kandungan garamnya tinggi, kandungan racunnya 9senyawa kimia yang dapat meracuni tanaman seperti senyawa sulfat) tinggi, tertimbunnya batuan didalam tanah atau tanahnya terdiri dari tanah gambut atau sering digenangi banjir, maka kemampuan lahannya akan rendah.

Faktor-faktor pembatas tersebut sesungguhnya dapat diatasi pengaruhnya bila kita mampu menerapkan teknologi tertentu. Teknologi yang cocok untuk mengatasi faktor penghambat tersebut adalah teknologi tepat guna.

[CaraGampang.Com] - Faktor Faktor Pembatas Kemampuan Lahan
Advertisement

Tidak ada komentar

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.