Selasa, 12 Agustus 2014

Kemampuan Lahan dari Segi Pertanian

Advertisement
Advertisement

Kemampuan lahan dari segi pertanian - Kemampuan lahan dari segi pertanian adalah kemampuan tertinggi dari sebidang lahan dengan luas tertentu untuk berproduksi secara lestari, apabila lahan tersebut digunakan untuk usaha tani dengan menggunakan teknologi tertentu. Kemampuan lahan merupakan salah satu faktor penentu penggunaan lahan yang paling tepat diterapkan pada lahan tersebut agar dapat memberikan produksi yang maksimal dan tejaga kelestariannya.


Kemampuan Lahan dari Segi Pertanian
Baca Juga :
  1. Konsep Ilmu Pengetahuan tentang Tanah 
  2. Faktor Pembatas Kemampuan Lahan 
  3. Mengenal Sifat Fisik Tanah
  4. Faktor Pembatas Kemampuan Lahan 
  5. Perbedaan Tanah dan Lahan
Untuk tercapainya pemanfaatan lahan yang baik, kemampuan lahan perlu diklasifikasikan menjadi kelompok-kelompok lahan dalam satuan-satuan tertentu sesuai dengan kemampuannya untuk penggunaannya secara intensif dan perlakuan yang diperlukan untuk dapat digunakan secara terus-menerus. Dengan perkataan lain, kalasifikasi kemampuan lahan akan menetapkan jenis penggunaannya yang sesuai dan jenis perlakuan yang diperlukan untuk dapat digunakan bagi produksi tanaman secara lestari.

Pemanfaatan lahan terbaik adalah penggunaan lahan yang sesuai dengan kemampuan lahan tersebut, serta dipenuhi syarat-syarat teknis yang diperlukan. Penggunaan yang melebihi kemampuan lahannya, mungkin dapat saja memberikan produksi yang cukup tinggi, tetapi membahayakan kelestarian lahan tersebut. Contoh yang nyata adalah pada sistem peladangan berpindah. Pada peladangan berpindah, setelah hujtan ditebang kemudian dibakar untuk membersihkannya. Lahan tersebut umumnya hanya dapat ditanami selama satu sampai dua tahun, kemudian ditinggalkan.

Akibat buruk yang terjadi adalah terbukanya permukaan tanah sehingga terjadi erosi dan longsor, terutama bila kemiringan tanahnya cukup besar. Sebaliknya, penggunaan lahan yang berada dibawah kemampuannya, akan cukup aman dari segi kelestariannya, akan tetapi dari segi manfaat akan kurang menguntungkan. Untuk memperoleh manfaat yang optimal dan kelestarian lahan terjamin, penggunaan lahan harus sesuai dengan kemampuannya disertai diterapkannya teknik konservasi tanah yang baik agar dicapai kelestarian dalam pemanfaatannya.

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.
EmoticonEmoticon