Konsep Ilmu Pengetahuan Tentang Tanah

Advertisement
Konsep Ilmu Pengetahuan Tentang Tanah - Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti bersentuhan dengan tanah. Tanah merupakan benda alam di permukaan bumi yang diatasnya kita dapat hidup, bekerja, membuat rumah, dan sebagaianya. Kita pun dapat menanaminya dengan tanam-tanaman, atau mengembalakan hewan-hewan ternak. Untuk memahami tanah yang sesungguhnya, kita akan melihat konsep ilmu pengetahuan tentang tanah, pengertian tentang lahan, serta peran tanah dalam sistem pertanian yang kita laksanakan.

Konsep Ilmu Pengetahuan Tentang Tanah

Kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari tanah. Bahkan menurut agama (Islam) manusia itu terbuat dari tanah. Setiap hari petani bergaul dan bergumul dengan tanah. Ahli-ahli bangunan dan kontruksi selalu terlibat dengan tanah. Alat-alat transportasi darat membutuhkan tanah, karena sebagian besar jalan-jalan dibuat di atas tanah. Hewan-hewan besar hidup danm berkembang di atas tanah, dan budidaya tanaman dilaksanakan di berbagai macam tanah.

Tanah sangat diperlukan bagi kehidupan semua makhluk. Itulah sebabnya, istilah tanah dikenal dan digunakan orang sejak jaman dahulu kala. Akan tetapi, apabila diperbincangkan tentang apa sebenarnya tanah itu, jawabannya bermacam-macam. Tanah, mempunyai berbagai arti dan dapat digunakan untuk rupa-rupa tujuan. Bagi ahli bangunan tanah tidak lebih sekedar medium tempat memasang fondasi atau tiang-tiang pancang dan jembatan. Bagi ahli pertambangan, tanah merupakan benda alam yang didalamnya terkandung berbagaia mineral, minyak atau gas bumi. Tetapi bagi seorang ibu rumah tangga, tanah tidak lebih dari bahan yang dapat membuat tugas kerumahtanggaannya lebih repot karena selalu mengotori pakaian anak-anak dan lantai rumahnya.

Baca Juga :
  1. Pengertian pH Tanah
  2. Perbedaan antara Tanah dan Lahan
  3. Definisi Tanah Menurut para Ahli
  4. Sumber Alam untukn Kegiatan Agraris

Tanah sebagai konsep ilmu tanah (soil science) adalah lapisan teratas kerak bumi, yang didalamnya terkandung bahan-bahan bukan jasad hidup (anorganik) dan bahan-bahan atau jasad-jasad hidup (organik), serta terkandung pula udara dan air. Bahan-bahan tersebut mendukung tumbuhnya jasad-jasad hidup baik yang ada didalam maupun di atas permukaan tanah.

[Cara Gampang] - Konsep Ilmu Pengetahuan Tentang Tanah
Advertisement

Tidak ada komentar

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.