Minggu, 10 Agustus 2014

Pengertian BOKASHI - Bahan Organik Kaya Akan Sumber Hayati

Advertisement
Advertisement

Keyword

Pengertian Bokashi


Bokashi ( Bahan Organik Kaya Akan Sumber Hayati) adalah pupuk kompos yang dihasilkan dari proses fermentasi atau peragian bahan organik dengan teknologi EM4 (Effective Microorganisms 4). Keunggulan penggunaan teknologi EM4 adalah pupuk organik (kompos) dapat dihasilkan dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan cara konvensional.

EM4 sendiri mengandung Azotobacter sp., Lactobacillus sp., ragi, bakteri fotosintetik dan jamur pengurai selulosa. Bahan untuk pembuatan bokashi dapat diperoleh dengan mudah di sekitar lahan pertanian, seperti jerami, rumput, tanaman kacangan, sekam, pupuk kandang atau serbuk gergajian. Namun bahan yang paling baik digunakan sebagai bahan pembuatan bokashi adalah dedak karena mengandung zat gizi yang sangat baik untuk mikroorganisme.

Cara Pembuatan Bokashi
Bahan pembuatan bokashi (jerami, rumput, pupuk hijau, pupuk kandang dan sebagainya) dapat berupa bahan yang sudah kering ataupun masih basah (segar). Ada beberapa jenis bokashi, yaitu :

1. Membuat Bokashi Dengan Bahan Jerami.
2. Membuat Bokashi Expres 24 Jam
3. Membuat Bokashi dengan Pupuk Kandang
4. Membuat Bokashi Pupuk Kandang campur Arang dan Tanah

[CaraGampang.Com] - Bahan Organik Kaya Akan Sumber Hayati

1 komentar so far

makasih atas ilmu yang di bagikan kepada saya.........

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.
EmoticonEmoticon