Sabtu, 23 Agustus 2014

Pengertian dan Pentingnya Manajemen

Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan

Pengertian dan Pentingnya Manajemen - Manajemen berasal dari kata to manage yg artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen.

Istilah manajemen mengandung juga tiga pengertian ,yaitu pertama, manajemen sebagai suatu proses, kedua, manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yg melakukan aktivitas,dan ketiga, manajemen sebagai suatu seni(art) dan sebagai suatu ilmu.

Dalam Encylopedia of the Social Science dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi. Selanjutnya Haiman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.


Menurut pengertian yg kedua,manajemen adalah kolektivitas orang-orang yg melakukan aktivitas manajemen.jadi dengan kata lain,segenap orang-orang yg melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen. dalam arti singular disebut manajer. Manajer adalah pejabat yg bertanggungjawab atas terselenggaranya aktivitas-aktivitas manjemen agar tujuan unit yg dipimpinnya tercapai dengan menggunakan bantuan orang lain.

Manajemen sebagai seni berfungsi untuk mencapai tujuan yg nyata mendatangkan hasil atau manfaat, sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi menerangkan fenomena-fenomena, kejadian, jadi memberikan penjelasan-penjelasan. Unsur keilmuan merupakan kumpulan pengetahuan tertentu, seperti dinyatakan oleh peraturan atau statmen umum, dan dipertahankan oleh berbagai tingkat ujian dan penyelidikan. Unsur seni ialah pemakaian pengetahuan tersebut pada suatu situasi tertentu. Dalam kehidupan nyata sehari-hari, manajemen benar-benar melakukan kedua fungsi tersebut, yaitu selain fungsi ilmu juga sebagai seni.

Manajemen diartikan “mengatur” maka timbul beberapa pertanyaan :

a. Apa yang diatur ? what
Yang diatur adalah semua unsure manajemen yang terdiri dari men, money, methods, materials, machines and market, disingkat dengan 6M dan semua aktifitas yang ditimbulkannya dalam proses manajemen.

b. Kenapa harus diatur ?
Agar 6M lebih berdaya guna, berhasil guna, terintegrasi dan terkoordinasi dalam mencapai tujuan yang optimal.

c. Siapa yang mengatur ?
Yang mengatur adalah pemimpin dengan wewenang kepemimpinannya melalui instruksi, sehingga 6M dan semua proses manajemen tertuju serta terarah kepada tujuan yang diinginkan.

d. Bagaimana mengaturnya ?
Mengaturnya yaitu melalui proses dari urutan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian = planning, organizing, directing and controlling/ POAC).

e. Di mana harus diatur ?
Dalam suatu organisasi atau perusahaan, karena organisasi merupakan alat dan wadah untuk mengatur 6M dan semua aktivitas proses manajemen dalam mencapai tujuannya.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


Drs, Malayu S.P. Hasibuan
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber – sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

G.R. Terry
Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating and controlling performed to determine and accomplish stated objectives by the use of human being and other resources.
Artinya:
Manajemen adalah suatu prose yang khas yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Harold Koontz and Cyril O’Donnel
Management is getting things done through people. In bringing about this coordinating of group activity, the manager, as a manager plans, organizes, staffs, direct and control the activities other people.
Artinya:
Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian.

Menyimak definisi diatas dapat diambil kesimpulan :
  1. Manajemen mempunyai tujuan yang ingin dicapai. 
  2. Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dengan seni. 
  3. Manajemen merupakan proses yang sistematis, terkoordinasi, koperatif, dan terintegrasi dalam memanfaatkan unsur – unsurnya (6M). 
  4. Manajemen baru dapat diterapkan jika ada dua orang atau lebih melakukan kerjasama dalam suatu organisasi. 
  5. Manajemen harus didasarkan pada pembagian kerja, tugas dan tanggungjawab. 
  6. Manajemen terdiri dari beberapa fungsi (POSD dan C). 
  7. Manajemen hanya merupakan alat untuk mencapai.

Pentingnya Manajemen

  1. Pada dasarnya manajemen itu penting karena : 
  2. Pekerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri, sehingga diperlukan pembagian kerja, tugas dan tanggungjawab dalam penyelesaiannya. 
  3. Perusahaan akan dapat berhasil baik jika manajemen diterapkan dengan baik.
  4. Manajemen menetapkan tujuan dan usaha untuk mewujudkan dengan memanfaatkan 6M dalam proses manajemen tersebut.
  5. Manajemen mengakibatkan pencapaian tujuan secara teratur. 
  6. Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan
Manajemen selalu terdapat dan sangat penting untuk mengatur semua kegiatan dalam rumah tangga, sekolah, koperasi, yayasan-yayasan, pemerintahan dan lain sebagainya.

Dasar (persyaratan) supaya manajemen dapat diterapkan ?
Manajemen pada dasarnya baru dapat diterapkan, jika :
  • Ada tujuan bersama dan kepentingan yang sama yang akan dicapai.
  • Ada kerjasama diantara sekelompok orang dalam ikatan formal dan ikatan tata tertib yang baik.
  • Ada pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab yang teratur.
  • Ada Hubungan formal dan ikatan kerja yang tertib.
  • Ada sekelompok orang dan pekerjaan yang akan dikerjakan.
  • Ada organisasi untuk melakukan kerjasama.
  • Ada wewenang (authority) dan responsibility dari setiap individu anggota.
  • Ada koordinasi,integrasi dan sinkronisasi (KIS) dari setiap proses manajemen tersebut
  • Ada pemimpin/pengatur dan bawahan yang akan diatur.
  • Ada relationship in organization dan human organization.
[CaraGampang.Com] - Pengertian dan Pentingnya Manajemen