Rabu, 13 Agustus 2014

Pentingnya Konsistensi Tanah dan Porositas Tanah

Advertisement
Advertisement

Pentingnya Konsistensi Tanah dan Porositas Tanah
Pentingnya Konsistensi Tanah dan Porositas Tanah - Konsistensi sangat penting dalam fisika tanah dan digunakan tujuan, diantaranya:
  1. untuk mendapatkan criteria sifat fisika tanah untuk keperluan klasifikasi tanah
  2. sebagaui indeks untuk klasifikasi tanah
  3. sebagai indeks yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat akumulasi liat di dalam profil tanah, dan
  4. dapat digunakan dalam hubungannya dengan pengolahan tanah dan dalam merancang alat-alat pertanian.

Porositas Tanah


Kalau anda menumpahkan seember air kepermukaan tanah yang sedang dalam keadaan kering,air akan segera lenyap seolah-olah “ditelan” tanah. Air tersebut hilang karena ia masuk ke rongga-rongga yang ada didalam tanah tersebut. Rongga-rongga ini disebbut pori-pori tanah yang merupakan bagian penting dari massa tanah, karena dalam keadaan normal ruang pori-pori ini terisi oleh air dan udara. Air dan udara sangat penting untuk pertumbuhan tanaman dan jumlah yang bergerak melalui tanah berkaitan erat dengan jumlah dan ukuran pori-pori ini. Di dalam massa tanah terdapat dua jenis pori-piri yaitu pori-pori makro dan pori-pori mikro.

Jumlah ruang volume seluruh pori-pori makro dan mikro dalam tanah dinyatakan dalam (%) dan disebut porositas tanah. Dengan perkataan lain,porositas tanah adalah bagian dari volume tanah (dalam %) yang tidak ditempati oleh padatan tanah. Jumlah ruang volume pori-pori makro disebut porositas non-kapiler,sedangkan jumlah ruang volume pori-pori mikro dinamakan porositas kapiler. Oleh karena berat tanah berhubungan dengan jumlah ruang pori-pori,maka terdapat hubungan yang erat antara berat dengan ruang pori-pori. Berat dan ruang pori-pori tanah bervariasi dari satu horizon (lapisan) tanah kehorison lainnya,dan dipengaruhi pula oleh tekstur dan struktur tanahnya.

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.
EmoticonEmoticon