Kamis, 14 Agustus 2014

Reaksi Tanah

Advertisement
Advertisement

Reaksi Tanah
Reaksi Tanah - Tanah dapat bereaksi masam, netral atau alkalis pengetahuan tentang reaksi tanah sangat penting karena digunakan dalam praktek dalam hubungannya dengan pelaksanaan pemupukan, pengapuran, perbaikan keadaan fisik serta kimia tanah, dan sebagainya . Reaksi tanah mempengaruhi persedianbnya unsur hara tanah dan langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Baca Juga : Sifat Kimia Tanah dan Manfaat MOL

Keadaan masam merupakan hal yang biasa pada tanah yang berada di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Dalam keadaan demikian basa-basa sudah tercuci dari komleks jerapan tanah. Kejadian itu mencakup daerah yang sangat luas dan pengaruhnya terhadap tanaman sangat nyata sehingga kemasaman merupakan persoalan yang sangat banyak dibicarakan. Karena tanah pertanian yang masam sangat luas maka persoalan kemasaman tanah jauh melebihi kealkalian tanah.

Kealkalian terjadi bila dijumpai kejenuhan basa yang tinggi. Adanya garam-garam, terutama kalsium, magnesium, dan natrium karbonat menyebabkan ion hidroksi dijumpai dalam jumalh banyak dalam larutan tangah. Dalam keadan demikian tanah bereaksi alakalis (basa) dan kadang-kadang sangat alkalis, terutama bila dijumpai natrium karbonat. Tanah bereaksi alkalis merupakan tanah khas daerah kering dan agak kering.

[CaraGampang.Com] - Reaksi Tanah

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.
EmoticonEmoticon