Kamis, 14 Agustus 2014

Sifat Kimia dan Koloid Tanah

Advertisement
Advertisement

Sifat Kimia dan Koloid Tanah
Sifat Kimia dan Koloid Tanah - Dasar-dasar kimia tanah adalah sebagai berikut, tentunya tidak akan jauh dengan pelajaran kimia yang pernah kita pelajari ketika masih sekolah di bangku SLTA.
  • Unsur
Unsur adalah substansi tunggal yang tidak dapat dibagi lagi menjadi komponen lain;
  • Senyawa
Senyawa adalah suatu substansi yang tersusun atas dua atau lebih unsur yang tergabung dalam suatu perbandingan yang tetap;
  • Ion
Ion adalah suatu atom yang memiliki muatan listrik,dan suatu ion mungkin merupakan kombinasi lebih dari satu atom;
  • Kation
Kation adalah ion yang bermuatan positif seperti Ca2+,K+ dan sebagainya;
  • Anion
Anion adalah ion yang bermuatan negatif seperti Cl,NO3-,SO42-, dan sebagainya;
  • Valensi
Valensi adalah jumlah muatan suatu ion.

Dari segi kimia tanah merupakan suatu kumpulan dari banyak sekali senyawa, dari senyawa sederhana hingga senyawa-senyawa organik dan anorganik yang kompleks. Tanah bukanlah merupakan benda yang statis di man tanaman secara terus-menerus mengambil unsr-unsur kimia(unsur hara), sehingga suatu ketika unsur-unsur itu akan habis. Sebenarnya tanah lebih mirip dengan suatu laboratorium yang hidup, di man terdapat kegiatan-kegiatan secara terus-menerus. Tiap hari proses-proses kimia selalu terjadi. Mineral dan batuan mengalami pelapukan fisik, kimia, dan biologis, dan senyawa-senyawa baru sebagai hasil pelapukan dibebaskan.

Jasad-jasad hidup tanah berkembang biak dilapisan tanah atas. Penguraian bahan organik menghasilkan senyawa-senyawa baru yang juga dilepaskan ke dalam tanah. Air hujan yang jatuh menimbulkan air infiltrasi yang melarutkan senyawa-senyawa di bagian atas dan mengendapkannya kembali di lapisan bawah. Tanaman secara teratur mengambil unsur-unsur hara dari tanah, mengembalikannya dalam bentuk bagian-bagian tanaman yang mati dan jatuh ke tanah.

Baca Juga :
Pada umumnya tanah di pandang sebagai suatu susunan kerangka yang tidak bereaksi terdiri dari pasir dan debu,yang diliputi oleh kompleks reaksi tersusun dari nliat dan humus.Keduanya membentuk kompleks koloid liat-humus yang merupakan bagian paling aktif dari tanah. Di samping koloid liat-humus, dalam jumlah yang sedikit terdapat pula garam-garam dan senyawa-senyawa organik dan anorganik.

[CaraGampang.Com] - Sifat Kimia dan Koloid Tanah

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.
EmoticonEmoticon