Kamis, 21 Agustus 2014

Tahapan Menanam Kentang

Advertisement
Advertisement

Tahapan-Tahapan Menanam Kentang  - Sebelumnya kita telah membahas tentang hama dan penyakit tanaman kentang, kali ini kita juga akan sedikit mengulas cara cara budidaya tanaman kentang, berikut tahapan tahapannya.

Persiapan lahan
Tanah diolah dua kali traktor dan satu kali pacul/ ratakan. Dibuat bedengan lebar 100 cm, panjang tergantung lahan, tinggi 60 cm untuk lahan sawah, 30 cm untuk lahan tegalan.

Penanaman dan Pemupukan
Bibit kentang yang telah berkecambah ditanam dengan jarak tanam 40 x 100 cm. Pupuk SP-36 dan KCl diberikan pada saat tanam sedangkan pupuk Urea dan ZA diberikan 2 kali yaitu pada saat tanam dan pada umur 30 HST serta pupuk NPK diberikan 3 (tiga) kali yaitu pada saat tanam, umur 30 HST dan 45 HST.

Pemeliharaan
Pada musim kemarau lahan diairi setinggi 10 cm dalam saluran dan setelah 12 jam dikeringkan kembali. Hal ini dilakukan setiap minggu bila diperlukan. Pada umur 30 hst dilakukan penyiangan sekaligus pembumbunan setelah dilakukan pemupukan. Penanggulangan hama/penyakit dilakukan tergantung pada tingkat serangan dengan berpedoman pada sistem pengendalian hama/ penyakit terpadu.

  • Panen
Panen dilakukan pada umur 90 HST dengan kondisi daun tanaman telah mulai menguning.
  • Pasca panen
Setelah panen, dibiarkan beberapa hari di ruangan terbuka agar tanah yang melengket pada umbi hilang, sehingga penampakan umbi bertambah bagus.

[CaraGampang.Com] - Tahapan Menanam Kentang