Obesitas Menyebabkan Hipertensi di Kalangan Anak Muda Meningkat

Advertisement
Tren Hipertensi di Kalangan Kaum Muda Meningkat ~ Dulu hipertensi hampir selalu diderita oleh orang tua umur 50 tahun keatas. Hipertensi yang terjadi pada kaum tua lazimnya disebabkan kekakuan pada arteri besar. Namun beberapa tahun terakhir jumlah orang muda dengan hipertensi kian meningkat, salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat, selain itu obesitas juga menyumbang angka yang cukup besar pada kasus peningkatan tren hipertensi dikalangan kaum muda.

thumbnail postingan
Data dari world Health Organization (WHO) pada 2012 menyatakan hipertensi menduduki peringkat pertama Global Burden of Disease dengan resiko cacat atau kematian tertinggi.

Selain serangan jantung, hipertensi juga dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah otak, gagal ginjal hingga stroke.

Penyakit ini seakan menjadi momok yang mengerikan, karena hipertensi merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian tanpa menujukan gejala apapun. Penyakit ini seperti tiba tiba muncul tanpa seseorang menyadarinya, keluhan baru muncul setelah adanya komplikasi, dan pada kasus tersebut bisa dibilang sudah terlambat karena kerusakan sudah terjadi.

Hingga saat ini belum ada pengobatan yang mampu menyembuhkan hipertensi, pengobatan hanya ditujukan menghilangkan gejala. Karena hipertensi tergolong sebagai lifelong treatment asymptomatic disease, dengan kata lain obat yang telah diberikan harus dikonsumsi seumur hidup meskipun tubuh sudah merasa lebih baik.

Bagaimanapun pencegahan lebih baik dilakukan agar terhindar dari resiko tersebut. Salah satunya dengan deteksi tekanan darah yang dapat dilakukan minimal setiap dua tahun sekali bagi mereka yang berumur diatas 20 tahun, sedangkan untuk mereka yang berumur diatas 40 tahun pemeriksaan bisa dilakukan sekali dalam setahun. Namun bagi mereka penderita penyakit kardiovaskuler, seperti kolesterol tinggi dan diabetes, diperlukan perhatian khusus. Pendeteksian tidak harus dengan mengunjungi dokter karena saat ini sudah ada beberapa alat untuk mengukur tekanan darah secara mandiri dirumah. biasanya tekanan darah rumah sakit lebh tinggi 20 persen dibanding dengan kita mengukurnya sendiri di rumah. Karena pasien merasa tegang ketika bertemu dengan dokter atau tenaga medis.

Baca Juga :
Selain itu, menjaga gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan dan berolahraga merupakan cara paling awal sebagai pencegahan penyakit hipertensi. Namun tidak semua olahraga cocok untuk orang dengan riwayat hipertensi. olahraga dengan tujuan meningkatkan ketahanan dan kekuatan seperti angkat beban sebaiknya dihindari. Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan namun teratur. Antara lain bersepeda ringan, jogging rigan dan berenang. Baik dilakukan tiga kali dalam seminggu.
Advertisement