Pengertian Parfum

Advertisement
thumbnail postingan
Pengertian Parfum ~ Bukan cerita lagi kalau pada era sekarang parfum/wewangian merupakan bagian dari gaya hidup setiap orang. Selain sebagai pengharum tubuh parfum juga sebagai pelengkap penampilan seseorang. Mungkin beberapa dari temen-temen masih rancu tentang pengertian parfum yang sebenarnya. Maka dari itu kali ini saya akan share pengetahuan tentang parfum yang saya dapatkan dari pengalaman saya menjadi seorang Fragrance Consultant beberapa waktu lalu. let's CEKIDOT !

Parfum atau minyak wangi adalah wewangian yang dihasilkan dari proses ekstraksi bahan-bahan aromatik yang digunakan untuk memberikan aroma wangi bagi tubuh, obyek benda ataupun ruangan. Proses ekstraksi tersebut menghasilkan minyak esensial yang memiliki aroma wangi yang sangat pekat. Kebayakan parfum dihasilkan dari ekstraksi tumbuh-tumbuhan seperti bunga, akar, daun atau kayu tapi ada juga yang berasal dari hewan seperti musk (kasturi) yang dihasilkan dari kelenjar rusa, namun pada konteks nya di jaman sekarang musk pada parfum sudah diganti dengan senyawa sintetik, karena adanya pelarangan keras atas perburuan rusa yang merupakan satwa yang dilindungi. Parfum yang biasa dijual tidak terdiri dari sepenuhnya minyak sesensial murni, melainkan telah melewati proses pencampuran dan pengenceran, campuran tersebut terdiri dari minyak esensial itu sendiri, air destilasi dan alkohol.

Baca Artikel Tentang :
  1. Manfaat Minum Air Putih untuk Tubuh
  2. Cara Menggemukan Badan dengan Benar
  3. Cara Menghitung Berat Badan Ideal
Intermezo aja nih, alkohol yang digunakan merupakan ethanol yang dihasilkan dari zat yang suci sehingga penggunaan nya sebagai bahan campuran parfum adalah halal dan sah apabila digunakan untuk shalat.

Sejarah Parfum


Parfum sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu di timur tengah, bangsa mesir merupakan pelopor dari budaya tersebut. Kata "parfum" sendiri berasal dari bahasa latin yaitu "per fumun" yang artinya "melalui asap". bahwasanya pada jaman dahulu bangsa mesir menggunakan dupa atau perapian untuk membakar herbal aromatik dalam ritual keagamaan, sebagai persembahan dan doa kepada dewa/dewi, karena mereka percaya bahwa dengan membakar wewangian maka doa-doa mereka akan terkabul. Di mesir pula botol parfum pertama digunakan.

Tingkat Konsentrat Parfum


Minyak esensial parfum perlu di encerkan terlebih dahulu, karena konsentrasi yang tinggi dari komponen volatil mungkin akan menyebabkan reaksi alergi pada kulit.
Porsi minyak esensial dalam parfum menentukan tingkatan parfum, dan juga ketahanan wangi yang akan terus tercium. Berikut tingkatan parfum yang umum saat ini, antara lain:
  • Parfum (absolute) : mengandung lebih dari 40% minyak esensial. Dapat bertahan selama lebih dari 24 jam.
  • Eau de parfum (EDP): mengandung 20-40% minyak esensial. Dapat bertahan selama lebih dari 12 jam.
  • Eau de  toillet (EDT): mengandung 15-25% minyak esensial. Dapat bertahan selama 7 jam.
  • Eau de collogne (EDC): mengandung sedikitnya 4-8% minyak esensial. Dapat bertahan selama 4 jam.

Piramida Wangi


Parfum umumnya memiliki tingkatan  dan dapat digambarkan seperti piramida dengan tiga tingkatan dari atas kebawah. Tingkatan ini disebut "note/notes" (eng:nada), kenapa disebut notes? karena setiap tingkatan aroma akan menimbulkan harmoni aroma yang akan tercium secara berangsur-angsur. Berikut ketiga note/notes tersebut:
  • Top notes: merupakan aroma yang tercium pertama kali sesaat setelah disemprotkan, sensasi aroma yang ditimbulkan biasanya segar, fruity dan aroma citrus.
  • Heart notes/middle notes: merupakan aroma yang tercium beberapa saat setalah top notes dan merupakan inti dari aroma parfum tersebut. Aroma yang biasanya digunakan adalah aroma floral, dan  aromatik seperti lavender, cinamon, aroma rempah dan lain-lain.
  • Base notes/bottom notes: merupakan aroma yang mencakup keseluruhan aroma parfum dari top notes dan juga heart notes. Aroma yang biasa digunakan seperti musky, woody, chypre dan aroma oriental (manis).
Nah, itu dia sebagian pengertian parfum yang dapat saya share kepada kawa-kawan semua. Dalam hal ini saya pun masih dalam tahap belajar, maka dari itu kritik dan masukan akan sangat saya hargai. Pada artikel selanjutnya akan dipaparkan cara-cara membedakan antara parfum asli dan KW atau palsu. Sekian dan terimakasih. KEEP EXITED.
Advertisement