Cara dan Kiat Menidurkan Anak

Advertisement
thumbnail postingan
Cara menidurkan anak - Para orang tua pasti berharap anak anak nya dapat tidur nyenyak sesuai dengan porsinya. Tetapi pada kenyataanya beberapa anak mempunyai masalah tidur, sehingga tidak hanya anak yag merasa gelisah biasanya para orang tua juga mulai cemas dan harus menyiapkan tenaga ekstra untuk menidurkan sang buah hati. Tetapi tidak perlu khawatir ada beberapa tips yang bisa di lakukan untuk menidurkan anak anda.
  • Hangatkan Tempat Tidur
Untuk menghangatkan anak, dokter menyarankan untuk membedong atau memakaikan piyama pada anak. Atau bisa juga menggunakan handuk hangat selama beberapa menit sebelum tidur. Tidak disarankan menghangatkannya dengan selimut pada saat setahun setelah kelahirannya.
  • Kamar Harus Bebas Debu
Salah satu penyebab bayi anda susah tidur adalah karena memiliki masalah pada pernafasan. Hidung mereka seringkali tersumbat sehingga menganggu kenyamanan tidur mereka. Untuk itu bersuhkan tempat tidur besrta ruangannya dari debu agar si kecil bisa tidur nyenyak.
  • Pelukan di Siang Hari
Ternyata hal kecil seperti pelukan di siang hari dapat menenangkan bayi anda dan dapat membuatnya tidak rewel di siang hari. Secara psikologis si kecil akan lebih tenang dan nyaman sehingga terhindar dari mimpi buruk di malam hari.

Pelukann sang Ibu
  • Tidurkan Bayi di Dada Ayahnya
Ayah memiliki peranan yang sangat besar untuk membentuk psikologis anak setelah ibu. Anda bisa menidurkanya di dada ayah si kecil dengan senandung suara ayahanya. Getaran suara yang dihasilkannya dapat membuatnya tertidur nyenyak.
  • Gunakan Variasi Tidur 
Ganti strategi sewaktu menidurkan si kecil misalnya denga cara di ayun, menyanyi, menyusui dan sebagainya. Karena bayi membutuhkan lebih dari satu cara untuk bisa tertidur nyenyak. Anda juga harus luwes dalam mencari cara yang mungkin bisa membuat si kecil tidur nyenyak.

Variasi Tidur
  • Mengecek Waktu Tidur Awal
Coba cek kapan waktu tidurnya anda dengan menidurkan anak lebih awal atau agak malam dan lihat hasilnya. 
  • Berikan waktu latihan
Setelah menemukan waktu tidur yang ideal untuk dia, coba beri dia waktu latihan utuk tidur sendiri tanpa harus di tidurkan oleh anda. Dengan begitu dia bisa terbiasa tidur nyenyak dengan sendirinya.

Demikian beberapa tips untuk cara menidurkan anak anda, tapi tidak perlu khawatir jika anda masih sulit untuk menidurkan si kecil karena masalah tidur ini tidak berlangsung selamanya.
Advertisement