Cara dan Tips Memilih Popok Bayi

Advertisement
thumbnail postingan
Memilih popok bayi harus dilakukan dengan teliti dan cermat agar tidak menimbulkan masalah baru pada bayi. Popok merupakan salah satu benda ‘wajib’ bagi bayi. Namun, seringkali penggunaan popok yang kurang bijak pada bayi dapat menimbulkan masalah baru seperti alergi dan iritasi. Sehingga bayi menjadi rewel karena tidak merasa nyaman dengan popok yang di pakainya. Ada dua jenis popok yang biasa di pakai bayi. 

Popok sekali pakai dan popok cuci ulang atau sering disebut juga dengan cloth diaper/clodi. Nah lantas, bagaimana cara memilih popok yang baik bagi bayi kita? Untuk lebh jelasnya, mari simak tips berikut ini:
  • Usia 0-3 Bulan
Pada usia ini, kulit bayi masih sangat sensitif. Kulit bayi di usia awal kehidupannya harus mendapat perlindungan yang ekstra. Pilihlah popok yang berbahan halus dan lembut. Di rekomendasikan menggunakan popok cuci ulang yang berbahan katun, ini dapat mengurangi iritasi pada bayi. Apabila ingin menggunakan popok sekali pakai untuk berpergian, pastikan popok yang di pakai berbahan lembut dan halus. Pilihlah popok yang sesuai dengan ukuran bayi tersebut, biasanya popok dengan ukuran S (Small) atau nomor 1 dan 2 (tergantung berat badan bayi).
  • Usia 4-19 Bulan
Pada usia ini, anak sedang sangat aktif bergerak mulai dari merangkak, dan berjalan. Untuk itu, pilihlah popok yang berbentuk celana agar tidak menganggu geraknya. Pilihlah popok yang berdaya serap dan memiliki daya tampung tinggi agar tidak menganggu kelembaban kulit anak. Apabila kelembaban terganggu, kulit bayi sangat rentan terkena iritasi. selain terkena iritasi, popok yang lembab juga seringkali membuat bayi anda susah tidur. pada bayi yang memiliki masalah tidur, seringkali para orangtua kesulitan untuk membuatnya nyenyak kembali. Anda bisa mencari tips untuk menidurkan anak sebagai solusinya.

Usia 4 sampai 19 Bulan
  • Usia 20 bulan ke atas
Seiring pertumbuhan dan perkembangan anak yang semakin bertambah, maka rasa percaya anak anda juga semakin bertambah. Disarankan untuk memilih popok yang berbentuk celana agar dia bebas bergerak. Namun ppada usia ini disarankan anda mulai membiasakannya utuk belajar ke toilet. Jadi pada usia ini di sarankan anak anda tidak sering sering menggunakan popok.
  • Kapan ganti popok?
Apabila anda menggunakan popok sekali cuci untuk bayi anda, maka gantilah apabila bayi sudah buang air kecil atau besar. Apabila menggunakan popok sekali pakai sebaiknua popok di ganti 3=4 jam sekali atau lebih cepat lagi apabila popok mudah basah. Banyak produk pupuk yang merekomendasikan untuk mengganti popok 8-10 jam sekali. Namun bagi bayi yang mudah iritasi, sebaiknya jangan terlalu lama mengganti popok.

demikian cara gampang memilih popok bayi yang tepat sesuai dengan usia dan kebutuhan bayi anda. jangan biarkan kesalahan anda dalam memilih dapat menyebabkan masalah baru pada bayi anda.
Advertisement