Kamis, 26 November 2015

Cara Merangsang Perkembangan Otak Anak Sejak Dalam Kandungan

Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Merangsang perkembangan otak anak bisa dilakukan sejak ia masih dalam kandungan. Para orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Untuk itu, jangan sepelekan moment ketika ia masih di dalam rahim, karena kecerdasan anak dapat berkembang selama ia dalam kandungan ibu. Melatih kecerdasan anak dalam kandungan dapat dilakukan dengan memberikan beberapa stimulasi, dan anak dapat menyerap latihan yang di berikan ibu.

Merangsang perkembangan otak janin

  • Merangsang menggunakan visual
Ternyata anda bisa juga meragsangnya secara visual dengan aktivitas yang anda lakukan. Rangsangan visual yang di terima bayi dapat meningkatkan daya konsentrasi dan kecerdasannya di masa yang akan datang. Anda dapat melakukannya dengan memotret atau mengambil gambar, berjalan jalan melihat pemandangan alam, dan masih banyak lagi. Ini dapat mmbantu bayi anda merasakan apa yang anda rasakan. Dan perasaan ketenangan dari gambar itulah yang menstimulasi kemampuan otak bayi anda.

Merangsang
  • Merangsang menggunakan audio
Janin dalam kandungan sudah memiliki kemampuan mendengarkan dan dapat meresponnya melalui gerakan gerakan kecil dalam perut ibu. Pada usia 23 minggu, Anda dapat merangsangnya dengan mengajaknnya berbicara atau memperdengarkan musik. Menurut penelitian, musik klasik baik untuk perkembangan otak bayi.
  • Merangsang menggunakan cahaya
Menurut penelitian para ahli diketahui bahwa pemberian cahaya redup pada ibu dapat menstimulasi kemampuan otak bayi. Untuk itu, hindari pemberian cahaya yang terlalu terang pada ibu hamil karena akan menganggu kenyaman bayi anda. Salah satu respon bahwa bayi anda tidak nyaman adalah tendangan tendangan kecil.
  • Mencukupi Nutrisi harian
Makanan merupakan salah satu hal yang paling berperan penting dalam mengoptimalkan kecerdasan anak. Untuk itu, para ibu harus berhati hati dan selektif dalam memilih makanan. Pilihlah makanan yang mengandung DHA, lemak tinggi dan omega tiga yang sangat berguna untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Salah satu makanan yang di rekomendasikan adalah ika salmon, tuna jenis ikan tawar, daging unggas, jenis jenis sayuran.
  • Hindari Stress
Stres menjadi salah satu hal yang dapat berdampak buruk pada perkembangan janin. Untuk itu, usahakan ibu terbebas dari stress. Anda dapat melakukan relaksasi seperti pelatihan yoga untuk membuat otak anda tenang. Ketenangan itu yang dapat membuat janin anda rileks dan kemampuan otaknya bertambah.

Demikian beberapa cara untuk merangsang perkembangan otak anak sejak dalam kandugan ibu.