Cara Merangsang Perkembangan Otak Anak

Advertisement
thumbnail postingan
Merangsang perkembangan otak anak adalah hal yang penting dilakukan sejak dini. Para orang tua pasti mendambakan anaknya tumbuh cerdas dan multitalenta. Meskipun sebenarnya sebagian besar orang tua percaya kecerdasan itu di turunkan dari kedua orangtuanya, akan tetapi kecerdasan itu tidak akan optimal jika para orang tua tidak dapat mendukungnya sejak usia dini. Tahukah bunda, setiap bayi yang lahir memiliki lebih dari 100 milyar sel otak yang terhubung, dan akan tetap terhubung sampai anak berusia 3 tahun. Itulah kenapa masa masa ini di sebut “Golden Age” atau masa keemasan.

Golden Age
Selain pada masa "Golden Age" ini cara merangsang perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan pun dapat dilakukan.

Merangsang kemampuan otak bayi

  • Pijat Santai
Plakukan pijatan santai pada bayi anda pijatan ini berguna utuk merangsang sel syaraf untuk tetap terhubung dan tetap optimal dalam masa perkembangannya.
  • Senam ringan
Senam ringan? Bagaimana melakukannya? Mudah saja senam ringan pada bayi bisa di lakukan dengan menggerakan tangan bayi kemudian menyilangkannya kedepan dada nya. Ini dilakukan berulang ulang sebanyak empak kali. Selanjutnya gerakan pula kakinya seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukan juga sebanyak empat kali. Anda bisa melakukannya sembari mengajak main bayi anda. hal ini berguna untuk merangsang otak bayi sehingga dapat meningkatkan kemampuan motoriknya.
  • Cinta dan Kasih 
Bayi yang menerima banyak sentuhan kasih sayang, perkembangan otaknya akan lebih cepat. Sementara satu bentakan atau kekerasan fisik yang di lakukan pada bayi anda, dapat merusak ratusan sel otaknya. Oleh karena itu, berikan sentuan kasih sayang pada bayi anda sebanyak mungkin.
Love baby
  • Merangsang kemampuan bahasa 
Cara merangsang kemampuan bahasa pada bayi adalah dengan mengajaknya berbicara, walaupun bayi ada belum mengerti. Tapi sebaiknya ajaklah anak anda bicara secara rutin, karena itu akan membantu perkembangan otak dan melati kemampuan berbahasanya. Ajarkan pola percakapan yang baik karena nantinya pola percakapan itulah yang akan di pakai anak anda di masa yang akan datang.
  • Berikan rangsangan musik
Selain mengajak bayi bicara, gunakan juga rangsangan musik. Musik yang di anjurkan adalah musik musik klasik. Beberapa penelitian menyebutkan jenis musik ini baik untuk perkembangan otak bayi. Berikan rangsangan musik ini secara rutin dan berulang ulang.
  • Rangsangan Gambar
Anda dapat memberikannya beberapa gambar yang menarik dan kontras untuknya. Pada perknalan awal, cukup berikan dia dua gambar terlebih dahulu. Ini akan memudahkan memberikannya pemahaman.
  • Ubah Posisi Bayi
Ubah posisi bayi anda selama 30 menit sekali agar dia bisa lebih banyak meliat sekelilingnya. Sesekali ajaklah dia melihat keindahan alam, karena dengan begitu, otak anak anda akan lebih peka dengan kondisi di sekelilingnya. 

Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merangsang perkembangan otak bayi anda. Selamat mencoba.
Advertisement