Cara Senam Otak Untuk Merangsang Perkembangan Otak Anak

Advertisement
thumbnail postingan
Merangsang perkembangan otak anak dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan senam otak. Senam otak atau lebih dikenal dengan istilah brain gym merupakan serangkaian gerak sederhana yang dapat mengoptimalkan fungsi dan peran otak. Otak memiliki sel sel yang saling terhubung, senam otak membantu sel sel tersebut untuk tetap terhubung sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Selain senam otak, hal lain yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak adalah permainan. Ada beberapa Permainan untuk meningkatkan kecerdasan anak yang bisa orang tua lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak anak. Berikut cara senam otak untuk merangsang perkembangan otak anak:
  • Gerakan jempol dan Kelingking
Cara melakukanya adalah latih anak anda dengan cara menggengam tangan kanan dan tangan kiri, buka kepalan pada bagian jempol (kondisi 4 jari lain masih menutup), kemudian kepalkan lagi. Langkah selanjutnya buka kepalan jari kelingking (kondisi 4 jari lain tertutup). Lakukan hal itu berulang ulang secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri.
  • Gerakan Huruf V 
Cara melakukannya adalah hadapkan tangan kiri ke atas kemudian tepukan tangan kanan ke telapak tangan kiri, kemudian tepukan lagi pada punggung tangan kiri, paha kanan dan menepuk bahu orang yang di sebelah kanannya. Kemudian hadapkan tangan kanan ke atas, tepukan tangan kiri ke telapak tangan kanan, tepukan lagi ke punggung tangan kanan. Kemudian tepuk paha kiri dan bahu orang kiri di sebelahnya. Lakukan secara bergantian dan berulang ulang.
  • Gerakan Memegang Telinga dan Hidung
Cara ini sangat simpel, latihlah anak anda dengan memposisikan tangan kanan pada hidung dan tangan kiri memegang telinga. Kemudian lakukan sebaliknya tangan kiri di posisikan pada hidung dan tangan kanan posisikan pada telinga. Lakukan gerakan ini bergantian dan berulang ulang.

Senam Otak
Senam otak ini sangat bisa dilakukan dirumah, namun tentunya harus dengan bimbingan orang tua. Biasanya setiap gerakan di ulang berkali kali selama 5 menit. Senam otak ini baik dilakukan 3 kali dalam seminggu. Untuk hasil optimal anda dapat Merangsang perkembangan otak anak sejak dalam kandungan.

Demikian beberapa gerakan senam otak yang bisa dilakukan untuk merangsang perkembangan otak anak anda. Semoga dengan cara cara tersebut anak anda bisa tumbuh cerdas dan membanggakan.
Advertisement