Penyebab Gangguan pada Hati

Advertisement
thumbnail postingan
Penyebab Gangguan Hati - Hati merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting. Hati berfungsi mengeluarkan zat racun dari tubuh sehingga penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Hati memprodukai cairan empedu yang berfungsi memecah lemak dari makanan dan sebagai tempat penyimpanan glukosa yang berperan sebagai penyedia energi bagi tubuh.

Namun, tahukah anda beberapa gaya hidup yang kurang sehat dapat merusak organ hati ini. apabila kerusakan pada hati ini tidak segera di tangani dapat beresiko membahayakan nyawa. Untuk itu, mulailah menjaga pola makan, merubah kebiasaan sehari hari yang buruk dan mulai cermat pada kondisi kondisi berikut agar mengetahui penyebab gangguan pada hati

Penyebab Gangguan pada Hati

  • Konsumsi gula berlebihan
Hati membutuhkan salah satu gugus gula dalam bentuk fruktosa untuk memproduksi gula. Namun kadar froktusa yang tinggi dapat menimbulkan kerusakan pada hati, bahkan resiko ini dapat terjadi pada orang yang tidak mengalami obesitas. Bahaya yang di timbulkan dari konsumsi gula berlebih, setara dengan bahaya yang di timbulkan dari konsumsi minuman keras.
  • Kelebihan berat badan
Foto Kelebihan Berat Badan
Obesitas atau kelebihan berat badan dapat mengakibatkan penumpukan lemak pada sel hati yang beresiko mengundang adanya penyakit baru dalam hati. Salah satunya NAFLD atau Nonalcholic Fatty Liver Disease yang apabila tidak segera di tangani dapat sangat berbahaya bagi kesehatan. Sehingga ini dapat menjadi penyebab gangguan pada hati.
  • Konsumsi MSG berlebihan
Menurut hasil penelitian diketahui MGS (Monosodium Glutamat) dapat menyebabkan iritasi pada hati serta dapat memicu kanker hati apabila dikonsumsi secara berlebihan. Meski efeknya belum terbukti pada manusia, namun ada baiknya mengurangi konsumsi MSG ini.
  • Lemak Trans
Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans secara berlebihan dapat menyebakan luka parut pada jaringan hati. Makanan pembakar lemak perut bisa menjadi salah satu solusi.
  • Kelebihan vitamin A
Vitamin A juga dapat menjadi penyebab gangguan pada hati. Vitamin A merupakan salah satu at yang berguna bagi tubuh manusia. Namun, idelanya kebutuan vitamin a harian hanya sekitar 600-700 mikrogram untuk perempuan dan 700-900 mikrogram untuk pria. Kelebihan vitamin A dapat berdampak negatif pada hati yaitu menyebakan keracunan pada hati.
  • Antidepresan
Beberapa jenis depresan dapat menyebabkan gangguan pada hatii terutama pada kelompok orang yang sudah berusia lanjut.


Jangan terlewat, baca juga artikel tentang :
  1. Makanan sayuran sehat untuk ibu hamil
  2. Cara Menghilangkan kantung mata
Demikianlah hal hal yang perlu di waspadai. Cegahlah penyakit hati secara dini dengan menerpakan pola hidup sehat. Membatasi konsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi lebih banyak makanan sehat dan segar dan bijaklah dalam mengonsumsi obat obatan. Semoga artikel Penyebab Gangguan pada Hati dapat bermanfaat.
Advertisement

Tidak ada komentar

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Komentar dengan mencantumkan Link aktif akan kami hapus.