Jangan Sepelekan Penyakit Asam Lambung

Advertisement
Jangan Sepelekan Penyakit Asam Lambung ~ Kebanyakan orang mengartikan penyakit asam lambung sama dengan sakit maag. Dalam dunia kedokteran asam lambung bernama gastroesophageal reflux disease (GERD), sedangkan sakit maag bernama dyspepsia. Penyakit asam lambung (selanjutnya disebut GERD) ini termasuk penyakit kronis, karena pada tahap tertentu, GERD tidak hanya dapat merusak organ lambung, namun juga dapat menyebabkan komplikasi organ lain seperti organ pencernaan dan organ pernafasan. Pada beberapa kasus GERD kronis juga dapat menyebabkan kematian.
thumbnail postingan

Sebenarnya asam lambung diproduksi setiap saat oleh lambung dalam jumlah yang cukup guna mempermudah pecernaan. namun pada GERD produksi asam lambung lebih banyak, penyebabnya antara lain obesitas, merokok, kopi, stres dan kebiasaan tidur setelah makan.

Tingkat keasaaman (pH) asam lambung yang tinggi membuat lapisan mukosa tidak mampu menahan sifat iritan asam lambung. GERD menyebabkan isi lambung mengalir ke kerogkongan dan menimbulkan gejala seperti nyeri dada atau heartburn. Gejala ini juga disertai mulut pahit karena asam lambung naik, dan hal ini dapat menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan. Luka ini bisa meluas dan berakibat pada penyempitan kerongkongan bawah, bahkan GERD juga dapat menyebabkan perubahan struktur dinding kerongkongan.

Selain itu, kerusakan tidak hanya terjadi pada saluran cerna. GERD bisa menyebakan penyakit lain seperti laringitis atau radang pita suara, sinusitis, faringitis kronis, asma dan penyakit fibrosis paru idiopatik.

Dampak Sakit Asam Lambung
Langkah pengobatan dapat dilakukan apabila sudah terkena gejala heartburn yang disebabkan GERD yaitu menginsumsi obat seperti antasid, Gelusil, Gaviscon, Maalox dan Rolaids yang banyak dijual di apotik, dan beberapa diantaranya bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter.

obat herbal seperti licorice, chamomile, slippery elm, dan marshmallow juga sering digunakan. Jika keadaan pasien tidak kunjung membaik, dokter akan merekomendasikan perawatan lain, termasuk tindakan operasi.

Baca jga artikel tentang :
Merubah gaya hidup daat membantu mengurangi banyaknya asam lambung, seperti menjaga berat badan, hindari makanan yang digoreng minuman beralkohol, mint, saus tomat, bawang merah, bawang putih dan kurangi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Makanlah dalam porsi kecil namun sering dan jangan berbaring setelah makan. hindari juga rokok yang dapat mengurangi kinerja lower esophageal sphincter (kerongkongan).
Advertisement