Jumat, 27 November 2015

Makanan Untuk Merangsang Perkembangan Otak Anak

Advertisement
Advertisement

Makanan Untuk Merangsang Perkembangan Otak Anak
Merangsang Perkembangan Otak Anak - Nutrisi merupakan salah satu hal yang penting untuk membentuk kecerdasan otak anak. Meskipun kecerdasan anak di turunkan secara genetik, tetapi apabila tidak di dukung dengan nutrisi yang baik akan percuma saja. selain menggunakan beberapa  Cara merangsang perkembangan otak anak para ibu sangat di anjurkan untuk memberikannya nutrisi terbaik untuk mendukung perkembangan otak anak.

Berikut beberapa makanan yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak:
  • Ikan salmon
Jenis ikan terutama salmon mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi dan memiliki kandungan DHA dan EPA yang sangat berguna bagi perkembangan kecerdasan anak. DHA dan EPA ini mebuat anak anda dapat berfikir tajam, dan menyeluruh. Kandungan omega 3 yang lain terdapat pula [pada ikan tuna meskipun kandungan di dalamnya tidak sebanyak kandugan omega 3 yang ada pada ikan tuna.
  • Telur
Protein merupakan salah satu zat lain yang sangat berguna bagi perkembangan otak anak. Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk otak. Dalam kuning telur terdapat suatu zat bernama kolin yang sangat berguna untuk membantu perkembangan memori otak anak sehingga anak anda dapat mengingat hal lebih banyak lagi.
  • Biji bijian
Biji bijian seperti gandum mengandung glukosa yang sifatnya konstan. Otak sangat membutuhkan glukosa jenis ini, karena dapat mendukung kebutuhan gizi tubuh anda. Selain itu, biji bijian mengandung serat yang berperan mengatur pelepasan gkukosa.selain itu vitamin B yang ada di dalamnya berfungsin utuk menjaga sistem saraf.
  • Oatmeal/oat
Oat memiliki kandungan serat, vitamin, B, vitamin E, seng dan kalium yang berfungsi sebagai penyedia energi dan menjaga kesehatan otak anak. Otak yang sehat dapat melahirkan kecerdasan di dalamnya. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam oatmeal dapat membuat otak berfungsi dengan optimal.

  • Buah buahan
Secara umum, semua jenis buah memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh dan otak anak. Apalagi buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi dapat menjadi antioksidan yang tinggi. Beberapa jenis buah seperti strawberry, dan blueberry kaya akan asalm lemak dan omega 3 yang dapat memperbaiki fungsi daya ingat anak.
  • Sayuran Berwarna
Sayuran berwarna memiliki antioksidan tinggi yang dapat menyehatkan sel sel otak anak. Mengonsumsi sayuran dapat di kombinasikan dan diolah semenarik mungkin agar anak anak tertarik untuk memakanannya. Karena memang beberapa anak terkadang tidak menyukai sayur.

health vegetable
  • Susu dan Youghurt 
Youghurt dan susu memiliki kandungan protein tingggi dan vitamin B yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan otak. Dan susu maupun youghurt memiliki kandungan protein, vitamin D, dan karbohidrat yang berguna sebagai penyuplai energi bagi otak anak.

Demikian beberapa jenis makanan yang berguna untuk merangsang perkembangan otak anak. berikan anak anda nutrisi terbaik untuk mendukung tumbuh kembangnya.