Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Advertisement
thumbnail postingan
Manfaat menangis, emang ada? Menangis merupakan hal yang sangat lumrah terjadi pada manusia. Tangisan biasanya disebabkan karena ada dorongan emosi dalam diri seseorang. Emosi yang biasanya menjadi penyebab tangisan adalah sedih, marah , ataupun terharu. Secara alami menangis bisa membantu melepaskan perasaan negatif dari tubuh seperti perasaan marah ataupun tertekan.

Meskipun tangisan terkesan negatif, ternyata menangis mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat dari menangis:
  • Menurunkan Stres
Tanpa kita sadari, menangis dapat membantu kita mengurangi atau bahkan menghilangkan stress. Ketika anda menangis, tubuh anda akan mencegah atau mengurangi terbntuknya zat kimia dan hormon yang menyebabkan masalah stress. Dengan berkurangnya tingkat stress, secara tidak langsung mengurangi resiko gangguan kesehatan lain seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung.
  • Menjaga kestabilan mood
Manfaat menangis yang lain adalah menjaga kestabilan mood. Tangisan adalah salah satu respon emosional tubuh. Ketika kita menangis, tubuh akan mengeluarkan senyawa endorfin yang bertugas untuk menjaga keseimbangan emosi yang berarti dapat menstabilkan mood kita. Semakin banyak air mata yang keluar, kemampuan tubuh untuk mestabilkan emosi akan lebih baik lagi. Dengan begitu, secara tidak langsung menangis menjadi sala satu cara untuk menghilangkan rasa galau.

Menjaga Mood
  • Mencegah Bakteri Dalam Tubuh 
Mencegah flu dengan tangisan? Bisa banget. Tahukah kamu ternyata air mata yang dikeluarkan ketika menangis mengandung zat lisozim, fluida yang dapat membunuh bakteri dalam hitungan menit.
  • Detox
Pernah dengar istilah detox? Ya ! ternyata air mata yang keluar dari faktor emosional memiliki zat yang lebih beracun daripada air mata yang keluar karena iritasi (misal: terkena debu). Dan air mata yang keluar dari tekanan emosional ternyata berfungsi sebagai detox (mengeluarkan zat racun dari tubuh kita).
  • Pelumasan
Air mata juga bisa berfungsi sebagai pelumasan atau menjaga kelembaban bola mata kita. Akan berbahaya jika air mata tidak memiliki air mata sebagai pelumas, karena akan menyebabkan bola mata kita terdehidrasi. Dan apabila bola mata kita terdehidrasi mata tidak akan dapat melihat. Oleh karena itu air mata memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan mata kita.

Bagaimana? sekarang sudah tau kan manfaat menangis bagi kesehatan? So, mulai sekarang jangan takut untuk menangis karena tangisan tidak selalu menunjukan seseorang lemah.
Advertisement