Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Tubuh

Advertisement
thumbnail postingan
Tahukah anda? Manfaat Yoga bagi tubuh sangat besar? Yoga merupakan suatu kegiatan untuk mencapai relaksasi atau meningkatan kemampuan tubuh yang melibatkan fikiran dan gerak tubuh. Yoga sangat baik bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin. Yoga membantu kita mencapai ketenangan atau relaksasi yang dengannya dapat memperoleh kebugaran dan membantu mengendalikan beberapa penyakit tubuh. Tidak hanya untuk orang dewasa, manfaat yoga untuk anak pun sangat besar.

Manfaat yoga

  • Menghilangkan Depresi Atau Stres
Menghilangkan Depresi
Yoga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan depresi pada otak manusia. Gerakan gerakan yoga dapat menibulkan efek relaksasi tertentu sehingga otak dapat melepaskan beban fikiran berat dan membantunya mendapat ketenangan. Postur yoga yang di anjurkan untuk meredakan tingkat stres dan depresi adalah gerakan yang memungkinkan menyangga kepala seperti postur membungkuk ke depan, kaki ke dinding dan lainnya.
  • Mencegah Hipertensi
Mencegah Hipertensi
Teknik relaksasi yang dimiliki yoga dapat berdampak positif pada tekanan darah anda. Sebeuah penelitian menunjukan bahwa menjaga tekanan darah melalui yoga hasilnya lebih baik dibandingkan dengan pengobatan plasebo. Beberapa gerakan atau postur untuk mencegah hipertensi misalnya postur padmasana dan shavasana.
  • Menyehatkan Jantung
Menyehatkan Jantung
Yoga tidak hanya soal gerakan tubuh atau hal lain yang melibatkan fikiran. Lebih dari itu, yoga juga berkaitan dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Hal ini bisa menjaga jantung anda agar tetap berfungsi optimal dan terbebas dari gangguan kesehatan. Teknik pranayama, pose ujjayi, padmasana, chandra bedi dapat berefek positif bagi kesehatan jantung anda. Beberapa literatur menyebutkan, memasukan beberapa gerakan yoga pada orang yang mengalami masalah jantung koroner, serta perubahan gaya hidup dan pola makan dapat menyebabkan kejadian penyakit arteri koroner berkurang drastis.
  • Mengatasi Diabetes
Mencegah Diabetes
Beberapa pose yoga seperti pavanamuktasana, mayurasana, bhujangsana, dan lain lain terbukti dapat mengendalikan gula darah agar tetap dalam kondisinormal. Beberapa menyebutkan pose yoga di atas dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes apabila dilakukan secara rutin.
  • Meredakan Nyeri
Mencegah Rasa Nyeri
Pose yoga juga dapat membantu anda meredakan nyeri, terutama yang berhubungan dengan sakit pada punggung bawah. Beberapa fose yoga yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri punggung bawah antara lain: pose papan, pose dinding dan pose merpati.

Demikian sebagian kecil dari manfaat yoga bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anda. So, jangan ragu untuk memulai latihan yoga.
Advertisement