Senin, 30 November 2015

Manfaat Yoga Untuk Anak

Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Manfaat yoga-tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan yoga,anak anak yang masih masa perkembangan pun membutuhkan yoga untuk mendukung tubuh kembangnya. Manfaat yoga untuk kesehatan tubuh anak sangat banyak. Dengan yoga, anak anak menjadi lebih rileks, lebih sehat dan lebih aktif. Dengan yoga, anak anak diberikan metode untuk menangani situasi sulit, untuk itu anak yang dilatih yoga sejak dini memiliki kemampuan lebih untuk menangani masa masa sulitnya.

Jam sekolah anak zaman sekarang bertambah, juga kegiatan kegiatannya seperti ekstrakulikuler, les, belum termasuk aktivitas di sekolah dan tugas tugas yang di bebankan gurunya. Hal ini membuat anak rentan stress, kelelahan dan kurang konsentrasi. Untuk itu, latihan yoga diperlukan untuk melatih fisik, mental, dan spritualnya sehingga dia selalu bersiap menghadapi harinya.

Yoga Bisa Untuk Anak

Manfaat Yoga Untuk Anak

  • Meningkatkan konsentrasi anak
Konsentrasi menjadi sesuatu yang penting untuk menunjang keberhasilannya dalam belajar.yoga dapat membantu anak untuk lebih bisa berkonsentrasi baik pada saat belajar maupun pada saat menjakankan aktivitas lain. Secara tidak langsung, yoga juga dapat merangsang kecerdasan anak anda.
  • Meningkatkan Koordinasi dan Kesadaran Tubuh
Gerakan dan pose yoga melibatkan kemampuan motorik anak. Dengan latihan yoga, anak bisa meningkatkan kelenturan dan fleksibilitas tubuhnya. Selain itu pose dan gerakan ringan yoga dapat meningkatkan koordinasi dan kesadaran tubuh anak.
  • Membantu Pertumbuhan Mental dan Fisik
Yoga merupakan aktifitas yang melibatkan fisik dan fikiran. Dengan yoga, anak terbiasa berlatih konsentrasi dan fisiknya sehingga berguna untuk pertumbuhan mental dan fisiknya.
  • Memperoleh Ketenangan
Latihan yoga dapat memberikan energi baru dan kesegaran bagi tubuhh dan fikirannya. Latihan yoga, terutama yang berhubungan dengan teknik pernafasan sangat berguna untuk menimbulkan efek ketenangan dan menjauhkan anak dari energi negatif dalam tubuhnya. Selain memperoleh ketenangan, anak dapat melepaskan ketegangan dan kepenatannya dari aktivitas sehari hari sehingga anak dapat bersiap untuk menghadapi hari selanjutnya.

Ketenangan saat Yoga
  • Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak
Yoga dapat memberikan ketenangan pada anak dan darinya lahir energi energi postif dalam dirinya salah satunya yang berhubungan dengan kepercayaan diri. Yoga dapat membantu anak anda lebih percaya diri, siap dan sigap dalam menjalani rutinitasnya.

Latihan yoga pada anak berbeda dengan latihan yoga pada orang dewasa. Latihan yoga pada anak anak dapat di kreasikan dengan permainan yang menyenangkan dan atraktif. Selain itu bisa juga di selingi dengan dongeng menarik yang mengandung falsafah dan nilai nilai kehidupan. Anak tidak diharuskan bersikap yoga sempurna, karena tulang mereka masih rawan dan belum kuat untuk melakukannya. Yoga di ajarkan untuk anak berusia minimal 9 tahun.

Demikianlah beberapa manfaat yoga bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.