Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

Advertisement
thumbnail postingan
Manfaat yoga untuk ibu hamil sangat beragam. Seperti yang kita tahu, para ibu hamil memiliki banyak tantangan baik untuk menjaga kehamilannya itu sendiri maupun saat persalinan. Banyak para ibu yang mengkhawatirkan mengenai persalinanya, berbagai ketakutan muncul dari mulai mengkhawatirkan kesehatan si buah hati maupun kesehatan dirinya sendiri. Untuk itu, yoga hadir menjadi solusi untuk menjawab ketakutan dan kekhawatiran ibu. Beberapa manfaat yoga bagi ibu hamil:
  • Mengurangi Stres
Stres terkadang menjadi masalah yang kerapkali pada ibu hamil. Selain menganggu kesehatan ibu, stres juga dapat menganggu perkembangan janin yang di kandungnya. Yoga menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan sistem syaraf pusat anda. Selain itu,latihan yoga dapat membantu tubuh memproduksi hormon oksitosin yang berfungsi sebagai penenang. Jenis pose yoga yang dapat dilakukan adalah teknik pernapasan ujjayi.

Mengurangi Stres
  • Meningkatkan Kedisiplinan dan Kekuatan
Hamil bukan berarti anda tidak melakukan aktivitas sama sekali. Karena terlalu banyak diam juga tidak selalu berdampak baik bagi kesehatan janin anda. Latihlah diri anda dengan yoga,karena yoga dapat membentuk kedisiplinan anda dan me,buat anda semakin bugar dan kuat. Dengan begitu, anda tetap dapat menapai potensi puncak walaupun sedang hamil.
  • Menjaga kesehatan
Yoga sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat yoga untuk kesehatan tubuh beragam, mulai dari menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah dan masih banyak lagi.
  • Membuka fikiran dan bathin
Pada saat masa kehamilan, kebanyakan wanita merasakan berbagai emosi baik itu yang positif maupun yang negatif. Hanya saja, seringkali emosi negatif seperti mudah marah, cemas, takit dan lain sebagainya menjadi emosi yang paling sering muncul. Yoga membantu menenangkan fikiran dan mengurangi stres. Hal ini dapat menyubur fikiran fikiran positif dalam diri kita.

Membuka Fikiran dan batin
  • Koneksi dengan janin 
Janin dalam kandungan memilki koneksi langsung terhadap perasaan dan aktivitas ibu. bayi seringkali merespon langsung dengan tendangan tendangan kecil. Yoga membantu koneksi antara ibu dan janin menjadi lebih positif. Dengan demikian koneksi antara ibu dan janin yang positif ini dapat membantu perkembangan janin di dalam kandungan.
  • Membangun keperayaan Diri
Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, yoga dapat membantu tubuh menyingkirkan energi negatif dan memunculkan fikiran fikiran positif dalam tubuh. Fikiran positif ini dapat membangun kepercayaan diri seorang ibu untuk mendidik anak anaknya kelak.

Demikian beberapa manfaat yoga untuk ibu hamil. Jangan ragu untuk berlatih yoga, karena manfaatnya sangat besar bagi kesehatan ibu dan janin.
Advertisement