Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Advertisement
thumbnail postingan
Menjaga kesehatan ibu hamil adalah hal yang wajib di lakukan, karena kesehatan ibu biasanya berpengaruh juga pada kesehatan janin yang di kandungnya. Sebenarnya tidak terlalu sulit menjaga kesehatan ibu dan janin, namun terkadang para ibu hamil mengabaikan hal hal praktis yang ternyata dapat menjadi masalah bagi janin yang di kandungnya. Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil.
  • Menjaga kesehatan wajah dan kepala
Menjaga Kesehatan Wajah
Para ibu hamil di anjurkan utuk menjaga kesehatan wajah dan kepala seccara teratur. Boleh dilakukan dengan memberi pijatan ringan pada area kepala dan wajah. Cara ini dapat memberikan efek relaksasi pada ibu. Biasanya ibu hamil mengalami beberapa asalah seperti munculnya flek, rambut rontok dan lain sebagainya. Tidak perlu merisaukan perubahan hormon tersebut. tidak usah mengoleskan cream pemutih atau mengecat rambut. Karena masalah itu akan hilang dengan sendirinya. Penggunaan cream pemutih dan cat rambut yang berlebihan pada ibu hamil di khawatirkan akan menjadi zat toksik (racun) yang menganggu kesehatan janin.
  • Menghirup Udara Bersih 
Menghirup Udara Segar
Ibu hamil sebaiknya berhati hati dan memperhatikan udara yang di hirupnya. Jangan biarkan penciuman anda terlalu sering terpapar polusi udara seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan polusi lainnya. Ketika membersihkan ruangan hindari bahan bahan seperti kamfer, aerosol, formalin dan lain sebagainya. Disarankan gunakan masker apabila sedang berada di lingkungan yang udaranya kurang bersih.
  • Menjaga Asupan Nutrisi
Penuhi Asupan Nutrisi
Bagi ibu hamil sebaiknya menjaga nutrisi yang masuk ke tubuhnya, usahakan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Ada beberapa sayuran yang wajib di konsumsi ibu hamil. Sayuran banyak mengandung zat yang baik bagi kesehatan ibu dan janin yang di kandungnya. Tapi perlu di perhatikan kebersihannya juga, sebaiknya cuci bersih buah atau sayuran sebelum di konsumsi atau di olah. Hindari juga beberapa jenis softdrink, atau minuman minuman berafein. Dan hindari juga asap rokok karena dapat berefek negatif pada janin. Ibu hamil juga disarankan mengkonsumsi minuman sehat seperti jus buah, susu, sari kedelai dan lain lain.

Demikian beberapa tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Semoga bermanfaat..
Advertisement