Permainan Untuk Merangsang Perkembangan Otak Anak

Advertisement
thumbnail postingan
Merangsang perkembangan otak anak bisa dilakukan dengan permainan permainan sederhana yang menyenangkan. Otak manusia terdiri dari dua belahan yaitu otak kanan dan kiri. Perkembangan kedua otak ini tidak bisa di remehkan karena memiliki fungsi dan peran masing- masing. Permainan adalah slah satu cara belajar untuk mengenali permasalahan di sekitarnya. Untuk itu, para orang tua harus memilihkan permainan yang baik bagi putra putri anda.


Berikut beberapa permainan yang dapat merangsang perkembangan otak anak anda:
  • Bermain musik dan bernyanyi
Musik menjadi salah satu hal yang dapat merangsang perkembangan otak anak. Anda bisa mengajak anak bernyanyi dan memainkan musik favoritnya. Bermain musik dapat melatih kecerdasan emosional anak anda. Bahkan rangsangan audio ini juga bisa dilakukan sejak anak masih berada di dalam kandungan. Selain rangsangan audio, masih banyak Cara merangsang perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan yang bisa di terapkan bunda.

  • Menggambar atau melukis
Permainan lain yang bisa dilakukan untuk merangsang perkembangan otak anak adalah menggambar atau melukis. Ini merupakan bagian rangsangan visual pada otak anak. Anda dapat mengajarkan anak anda menggambar atau melukis dengan warna warna yang cerah dan gambar gambar yang utik. Selain menyenangkan bagi anak, cara ini juga membantu otaknya merespon rangsangan yang di berikan dengan cepat.
  • Bermain Peran
Anak anda sering bermain dengan memerankan dirinya menjadi superhero atau karakter lain favoritnya? Jangan di larang, karena permainan ini berperan dalam melatih kemampuan otak kanan anak. Namun para orang tua harus tetap mengawasi mengenai peran apa yang di mainkan sang anak.
  • Olahraga
Permainan olahraga baik olah raga fisik (Sepak bola, basket, dll) maupun olahraga otak (Seperti catur) meruapakan salah satu rangsangan visual yang dapat meningkatkan kemampuan otak anak. Kenalkan anak anda pada olahraga yang melibatkan strategi dan visualisasi. Ini berguna untuk melatih kemampuan otak anak anda.
  • Bermain Puzzle
Bermain puzle meruapakan salah satu jenis permainan yang dapat merangsang perkembangan otak anak. Puzzle melatih anak anda untuk berfikir kritis dan menyeluruh dalam menyelesaikan masalah yang di hadapinya. 

Namun, perlu bunda ketahui selain memilihkan permainan yang baik anda juga harus memilihkan nutrisi yang terbaik untuk anda. Makanan untuk merangsang perkembangan otak anak beragam, bisa anda pilihkan sesuai selera anak anda.

Demikian beberapa permainan yang dapat merangsang perkembangan otak anak anda. Jangan ragu mengajak main si kecil, bunda.
Advertisement