Cara Cepat menghafal

Advertisement
thumbnail postingan
Cara Cepat Menghafal - bagi sebagian orang, menghafal merupakan salah satu aktivitas yang cukup sulit. masalah yang sering di alami oleh orang adalah sulit mengingat kata kata yang sedang dihafalkan atau hafalan mudah hilang. Sebenarnya, apabila ita memiliki kemauan keras disertai usaha yang maksimal hambatan sebesar apapun dapat kita singkirkan, termasuk hambatan dalam menghafal. Namun, adakalanya diperlukan trik dan tips tertentu agar menghafal lebih mudah.

Baca juga artikel tentang

Tips Cepat Menghafal

  • Melakukan gerakan kecil
Seringkali gerakan kecil dapat membantu anda mengingat dan menghafalkan sesuatu. Coba lakukan gerakan kecil seperti berjalan bolak balik, lompatan kecil, atau gerakan gerakan tangan. Ini berfungsi untuk menstimulasi otak anda. Tetapi, perlu diperhatikan juga, sebaiknya tidak menghafal saat anda melakukan aktivitas yang memerlukan konsentrasi lebih. Karena selain dapat menghambat kemampuan menghafal anda, ini juga berpotensi membahayakan anda.
  • Percakapan
Percakapan
Cobalah mencari partner dalam menghafalkan. Percakapan dapat menjadi salah satu metode yang efktif dalam menghafal. Teknik yang digunakan bisa berupa tanya jawab, atau obrolan biasa seputar apa yang sedang anda hafalkan. Biasanya, hal yang dibicarakan atau dijelaskan pada teman anda dapat membuat ingatan tersebut terus menempel. Selain itu, dapat membantu anda lebih faham terhadap materi yang sedang dipelajari.
  • Konsentrasi
Berkonsentrasi dapat membuat anda dapat menghafal lebih baik. Cobalah berkonsentrasi saat guru atau dosen sedang menjelaskan dikelas. Tetapi, bila anda kesulitan untuk melakukan itu dikelas. Sisihkan waktu anda 10-15 menit untuk mengulang dan mengingat kembali apa saja yang telah di pelajari di kelas. Lakukan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.
  • Pahami materi
Memahami
Sebaiknya anda tidak menghafal secara teks book karena terkadang ini dapat menyulitkan anda. Baca dan fahami materi yang sedang anda pelajari, ambil intinya dan anda dapat menghafal atau mendeskripsiksikannya dengan bahasa sendiri. Ini akan membuat anda lebih faham dan lebih mudah menghafal.

Baca Juga :
  1. Cara Agar Tidak Mudah Pikun
  2. Pengertian Tentang Parfum
  • Mengulang hal yang di hafal
Hafalan bisa hilang karena anda tidak mengulang atau mempraktekan hasil hafalan. Maka, cara terbaik untuk menghafal adalah mengulang dan membaca kembali apa yang sudah anda hafalkan.
  • Istirahat cukup
Pastikan anda istirahat dengan cukup, tidak memporsir tenaga dan otak anda. Karena sejenius apapun seseorang tidak akan menghasilkan ide brilian apabila kondisi otak dan tubuhnya sedang lelah. 

Demikian beberapa cara gampang menghafal materi. Selain hal hal di atas, pastikan anda mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk menunjang kemampuan otak anda.

Advertisement