Minggu, 13 Desember 2015

Cara dan Tips Membaca Puisi

Tags
Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Membaca Puisi - setelah menyimak cara cara untuk membuat puisi, rasanya tidak ada salahnya kalau kita juga memiliki keahlian untuk membacakan puisi. Karena puisi tidak hanya bisa dinikamti lewat tulisan, tetapi bisa juga dinikmati dengan audio salah satunya dengan pembacaan puisi atau juga dengan musikalisasi puisi.

Berikut beberapa tips untuk membaca puisi.
  • Interpretasi
Interpretasi yang dimaksud disini adalah bagaimana anda menafsirkan dan memahami makna puisi. Sebelum anda membacakannya, tentu sebaiknya memahami dulu apa yang akan anda bacakan. Dalam proses ini sagat diperlukan ketajaman emosi dalam menafsirkan isi puisi. Karena puisi banyak memiliki makna tersirat yang biasanya tidak dapat langsung dimengerti.

Baca juga artikel tentang : Pengertian dan Unsur Puisi
  • Artikulasi
Pastikan anda mengucapkan kata secara untuk dan jelas agar pembacaan puisi lebih hidup dan lebih menarik. Artikulasi yang kurang jelas seringkali dapat mengaburkan makna dan mengurangi ketertarikan para audiens.
  • Diksi
Maksud dari diksi disini adalah pengucapan kata demi kara harus dengan tekanan yang bervariasi agar tidak terkesan monoton dan lebih bisa mewakili emosi tertentu.
  • Tempo
Tempo adalah cepat atau lambatnya dalam pengucapan (suara). Untuk masalah tempo ini, sipembaca dituntut untuk pandai dalam mengatur dan menyesuaikan kekuatan nafas. Dimana anda harus jeda, dimana harus menyambung nafas dan yang lainnya.
  • Dinamika
Dinamika adalah lama kerasnya suara. Pastikan suara kita terdengan oleh para audiene dan terdengar menarik. Anda dapat menciptakan suatu dinamika dalam pembacaan puisi dengan mengatur rima dan irama dan naik serta turunya suara. Hal yang paling penting dalam menjaga dinamika ini adalah menjaga harmoni di saat naik turunnya nada suara.
  • Tekanan dan Laju kalimat
Dalam setiap baris puisi akan berbeda cara memberikan tekanannya. Ini tergantung pada makna dan suasana dalam puisi tersebut. tekanan dan laju kalimat ini penting di atur agar emosi dalam puisi tersebut dapat tergambar. Kesanggupan si pembaca dalam memberikan tekanan pada setiap kata akan memudahkan mencapai angka tertinggi dalam segi intonasi.
  • Penampilan
Penampilan adalah kunci keberhasilan dalam pembacaan puisi. Hal yang berhubungan dengan penampilan ini salah satunya gerak tubuh dan mimik tubuh serta komunikasi. Dan hal ini harus di dukung dengan penampilan fisik ketika berdandan agar lebih terlihat menarik dan good looking.

Baca Juga
  1. Cara Menulis Puisi untuk Pemula
  2. Cara mendapatkan ide untuk Menulis Puisi
Demikian beberapa tips untuk membaca puisi. Jangan ragu untuk menulis dan membaca puisi ya.. selamat mencoba.