Cara membuat Diksi Puisi yang Baik

Advertisement
thumbnail postingan
Membuat diksi puisi yang baik adalahsalah satu hal yang penting dalam pembuatan puisi. Karena puisi lebih menekankan kepada diksi atau pilihan kata yang indah. itulah yang membedakan puisi dengan karya tulis lain seperti cerpen atau tulisan ilmiah. Pemilihan diksi yang baik akan berpengaruh pada keindahan dan kualitas puisi yang dihasilkan. Berikut beberapa tips untuk membuat diksi puisi yang baik:
  • Memilih bentuk tulisan
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih bentuk tulisan, apakah tulisan itu akan berbentuk cerita pendek atau puisi. Karena beda jenis tulisan, diksinya itu akan berbeda. Apabila anda ingin membuat puisi, anda harus selktif dalam memilih diksi. Pilihlah kata kata yang bermaksa dalam dan memiliki keterkaitan antara makna dan musikalitas (bunyi)
  • Memilih kata yang tepat
Dalam memilih kata, penyair harus melibatkan kemampuan bernalar, kreatifitas dan intuisi. Pilihlah kata kata yang bermajas atau memiliki gaya bahasa yang indah. Gaya bahasa dalam puisi beraneka ragam, dan memiliki makna yang lebih dalam dibandingkan bahasa biasa.
  • Perenungan
Dalam menulis puisi anda dituntut untuk memiliki daya imajinasi yang tinggi seta kepekaan dalam memilih dan mengaitkan makna dengan tata bahasa yang dipilih. Anda dapat mencari kata asli dan beberapa altrnatif kata ganti. Misalnya saja kata bulan dapat anda ganti menjadi rembulan, purnama, raja malam, dan lain sebagainya. Setelah menemukan kata pengganti tersebut, perlu direnungkan kembali mana akternatif kata yang memliki sugesti yang kuat dan lebih indah apabila dituangkan dalam bentuk puisi. Dalam memilih kata ini hendaknya di sesuaikan dengan nada dan perasaan.
  • Merasakan
Selain di tuntut memiliki imajinasi yang tinggi, penyair juga di tuntut memiliki kepekaan perasaan. Penyair harus benar banar hadir dan merasakan sendiri setiap kata yang dituliskannya. Apabila puisi yang anda tulis berasala dari perasaan dan pengalaman orang lain, buatlah diri anda seolah olah merasakan apa yang orang lain rasakan tersebut. kata kata yang dirasakan sendiri biasanya lebih mampu membangkitkan perasaan pembaca dan memiliki maksa yang lebih dalam baik dari pemilihan tema, gaya bahasa, dan yang lainnya.
  • Menyusun
Setelah memilih kata dan kalimat yang sudah memiliki makna, keterampilan selanjutnya yang harus dmiliki adalah penyusunan kata. Hal yang perlu diperhatikan adalah urutan kata, makna, dan keselarasan bunyi. Perhatikan kembali penyusunan kata kata anda agar puisi yang dihasilkan tidak rancu dan meiliki kualitas yang baik.

Baca Juga :
demikian beberapa cara membuat diksi yang baik untuk puisi, selamat mencoba.
Advertisement