Sabtu, 12 Desember 2015

Cara Mempersiapkan Penerbitan Puisi

Tags
Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Cara Mempersiapkan Penerbitan Puisi - siapa yang ingin puisinya dibaca banyak orang? Salah satu cara untuk merealisasikan hal tersebut adalah dengan menerbitkan puisi anda. Memang, terkadang banyak penulis yang masih ragu untuk menerbitkan puisinya. Hal ini bisa karena beberapa faktor, munkin saja karena penulis masih belum percaya diri alias PD dengan karyanya, ada juga yang memang belum tau cara untuk menerbitkan puisinya.

Nah, sebelum mulai menerbitkan puisi ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mulai menerbitkan puisi:

Persiapan Menerbitkan Puisi

  • Kumpulkan puisi
Kumpulkan seluruh puisi yang pernah anda tulis, dan mulailah menyeleksi puisi puisi yang terbaik menurut anda. Anda bisa mulai mereview dan membaca kembali seluruh puisi anda. Jika puisi anda masih sedikit atau dirasa kurang untuk menjadi sebuah buku, hal pertama yang harus dilakukan adalah selesaikanlah puisi puisi anda.

Baca juga artkel tentang : Cara Menerbitkan Puisi Melalui E-Book

kumpulkan puisi
  • Menulis dan revisi ulang
Setelah jumlah puisi dirasa cukup, anda bisa mengecek ulang puisi puisi anda. Baca ulang, dan lakukan perbaikan jika dirasa ada yang kurang atau perlu diperbaiki. Periksa kembali pekerjaan anda mulai dari tanda baca, jeda baris bahkan diksi anda sampai benar benar dirasa selesai. Setelah itu, temukan cara terbaik untuk mengatur puisi di dalam buku, temukan pula tema atau judul terbaik untuk buku anda kelak.

menulis dan revisi ulang
  • Mencari bantuan profesional
Mencari bantuan profesional adalah salah satu hal yang ‘wajib’ dilakukan untuk mempermudah penerbitan puisi anda kelak. Anda bisa mencari professional seorang penyair untuk mengoreksi atau membenahi puisi puisi anda. Selain seorang penyair, anda juga bisa meminta bantuan pada editor. Seorang editor yang memiliki reputasi baik dapat memberi umpan balik yang sangat berharga pada kualitas tulisan anda. Selain penyair dan editor, ahli yang bisa anda mintai bantuan adalah ilustrator. Para ilustrator dapat membantu anda mendesign untuk sampul buku, jika anda tidak terlalu ahli dalam mendesign buku. Mempekerjakan profesional itu dapat membuat karya anda jauh lebih menarik dan lebih bernilai.
  • Pilih metode penerbitan
Setelah semuanya sudah selesai, anda dapat memilih kemana puisi anda akan diterbitkan. Apakah dipublikasikan melalui e-book, melaui penerbit, dan lainnya. Sebelum memilih metode penerbitan, sebaiknya ketahui dulu kelemahan dan kelebihan masing masing media penerbitan tersebut.

Baca juga :
  1. Puisi Tpografi
  2. Cara Mendapatkan Ide Menulis Puisi
Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menerbitkan puisi anda.