Senin, 14 Desember 2015

Cara Mempertajam Otak

Tags
Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Cara mempertajam otak - memiliki otak yang jenius dan ingatan yang tajam merupakan impian semua orang. Memiliki otak yang jenius dapat membantu anda menyelesaikan berbagai masalah dalama kehidupan, baik masalah disekolah/kampus, pekerjaan dan yang lainnya.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempertajam otak.

Tips Mempertajam Otak :

  • Senam otak
Senam otak atau biasa disebut juga brain gym merupakan salah satu cara untuk mempertajam otak. Brain gym ini berfungsi untuk menstimulasi otak kita agar dapat berfungsi secara optimal. Senam otak bisa dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan yang bisa anda jawab sendiri, bermain game asah otak atau teka teki silang dan aktivitas lain yang melibatkan kinerja otak.
  • Makanan
Pastikan nutrisi dan gizi untuk otak anda tercukupi. Rajin rajinlah mengonsumsi makanan yang dapat membantu otak anda bekerja dengan optimal. Beberapa jenis makanan yang baik untuk otak adalah sayuran hijau (bayam, brokoli dan lain lain) serta beberapa jenis ikan seperti ikan tuna dan ikan salmon.
  • Air Putih
Cukupi kebutuhan air putih. Semua organ tubuh termasuk otak memerlukan air agar kinerjanya lebih optimal. Meminum air putih yang cukup dapat membantu anda mempertajam daya ingat dan mengoptimalkan kinerja otak anda. Menurut rekomendasi beberapa hari, idelanya kita harus meminum delapan gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan air putih harian.
  • Istirahat yang cukup
Pastikan otak anda tidak diporsir seharian. Bagi anda yang melakukan aktivitas yang membutuhkan kinerja otak lebihm sebaiknya anda memanage waktu istirahat anda . Hal ini berguna agar otak anda bisa lebih fresh dan anda terhindar dari masalah stres atau depresi. Usahakan anda melakukan refreshing minimal sekali dalam seminggu agar otak anda tetap dapat bekerja optimal.
  • Berikan jeda istirahat
Selain istirahat yang cukup, sebaiknya anda memberikan jeda istirahat pada otak anda ketika sdang digunakan terus menerus. Berikan setidaknya 5-10 menit untuk mengistirahatkan otak anda, agar otak tidak terlalu lelah dan tetap dapat bekerja optimal.
  • Memutar memori otak
Sesekali, cobalah anda berusaha mengingat hal hal yang sudah dilakukan, ini berfungsi untuk mempertajam ingatan anda boleh juga memutar kenangan masa lalu bersama teman teman atau saat moment indah lainnya.

Baca Juga :
  1. Cara Cepat Menghafal
  2. Tips Supaya Tidak Gampang Pikun

Demikian beberapa tips dan cara mempertajam otak kita. Selamat mencoba..