Senin, 07 Desember 2015

Cara Mendapatkan Ide Untuk menulis Puisi

Tags
Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Mendapatkan ide untuk menulis puisi terkadang dinilai sulit bagi beberapa penyair. Padahal sebenarnya, anda dapat mendapatkan ide menulis puisi dari hal yang paling kecil sekalipun dan dari hal yang paling dekat dengan kita. Dari sini kepekaan penyair di uji untuk menggali potensi di sekitarnya yang bisa dijadikan ide pembuatan puisi. Sebelum belajar membuat diksi puisi yang tepat, sebaiknya anda belajar mengeksplor untuk mendapatkan ide menulis puisi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ide dalam menulis puisi:
  • Peka terhadap lingkungan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ide pembuatan puisi bisa berasal darimanapun termasuk lingkungan tepat tinggal kita. Lingkungan disini tidak terbatas hanya keadaan alamnya saja, bisa juga berhubungan dengan lingkungan kehidupan bermasyarakat, budaya dalam masyarakat, nilai norma dan semua segi kehidupan seperti aktivitas manusia, pekerjaan dan yang lainnya. Cobalah untuk melakukan penilaian dari lingkungan kehidupan yang kita amati, dan dari penilaian ini bisa diolah untuk menjadi ide dalam puisi. Contohnya saja, anda melihat petani yang sedang berpeluh membajak sawah. Coba beri persepsi tentang petani tersebut, misal mempersepsikan petani sebagai pahlawan pangan, dari persepsi itu anda bisa kembangkan menjadi sebuah puisi.

Baca Juga : Cara Menulis Puisi untuk Pemula
  • Selalu Bernalar atau berfikir
Berfikir tidak hanya aktivitas yang berhubungan dengan otak, tetapi juga melibatka seluruh panca indra anda. Pada kegiatan berfikir inilah otak mengolah rangsangan yang diberikan oleh panca indra kita. Rangsangan yang diterima bisa beragam mulai dari yang berkaitan dengan peristiwa, perasaaanm suhum dan kondisi yang kita lihat disekitar. Misalnya saja anda sendang berada didaerah pengunungan, pancra indra anda merasakan suasana yang sejuk dan menyenangkan. Darisana, cobalah melatih otak anda untuk mendeskripsikan apa yang anda rasakan lewat puisi.
  • Mencari tempat menyenangkan
Apabila anda kesulitan mencari ide lewat lingkungan sekeliling anda, cobalah mencari tempat lain yag menyenangkan. Tempat yang menyenangkan adalah salah satu tempat terbaik untuk mengumpulkan ide tulisan. Karena apabila kita sedang nyaman, biasanya kerja otak dan nalar serta panca indra akan lebih optimal, sehingga anda bisa lebih peka terhadap apa yan dirasakan dan mudah menemukan ide untuk menulis puisi.
  • Mengenal diri kita
Cobalah untuk mengenal dan menggali potensi yang ada dalam diri kita. Sebab, apabila anda sudah mengenal diri kita, akan lebih mudah mengenal alam dan lingkungan. Apabila kepekaan anda terhadap alam dan lingkungan sudah terbangun, akan lebih mudah mencari ide untuk menulis puisi.

Baca juga artikel tentang : Gaya Bahasa di Dalam Puisi

Demikianlah beberapa tips dan cara menemukan ide dalam membuat puisi. Semoga bermanfaat.