Cara Menerbitkan Puisi Lewat E-book

Advertisement
thumbnail postingan
Menerbitkan puisi lewat E-book merupakan salah satu cara untuk memublikasikan puisi anda agar dapat dibaca dan dinikmati banyak orang. Menerbitkan puisi lewat e-book ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah biaya pengeluaran dalam menerbitkan e-book tidak memakan biaya sebanyak apabila anda menerbitkan di media cetak. Sedangkan kekurangannya adalah anda harus melakukan pemasaran sendiri karena tidak ada iklan, harga uang kompetitif dan tidak adanya salinan fisik.

Baca dulu artikel tentang : Persiapan Menerbitkan Puisi

Cara menerbitkan puisi

  • Kerjakan rinciannya
Sebelum ada membawa puisi anda ke vendor, sebaiknya anda mengerjakan detalil buku anda terlebih dahulu. Beberapa rincian yang harus dikerjakan adalah: yang pertama membuat sampul. Anda dapat membuat sendiri atau meminta bantuan pada ilustrator, setlah itu atur harga. Harga yang bagus untuk satu salinan buku Anda adalah sekitar $2.99-$9.99. tentunya semakin murah harga buku anda, biasanya peminatnya lebih banyak. Setelah itu, tentukan apakah anda akan mengaktifkan hak cipta digital atau tidak. Jika anda mengaktifkan ini, dapat mengurangi kemungkinan pembajakan namun pembaca anda akan lebih sulit membacanya karena memerlukan alat tertentu.
  • Atur format Buku
Selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengatur format buku anda. Anda bisa memilih format yang akan digunakan seperti PDF atau file (EXE) pertimbangan untuk memilih format ini adalahm pastikan format yang anda pilih tersebut kompatible dengan persyaratan kindle, iPad atau lat banca lainnya. Hal ini untuk memudahkan konsumen mebeli dan membaca buku yang anda terbitkan.
  • Pilih toko daring anda
Coba lakukan survey atau penelitian untuk mencari distributor buku mana ang sesuai dengan kebutuhan anda,. Pertimbangkan bagaimana vendor mempormat bukunya serta pendapatan anda nantinya.
  • Unggah buku
Setelah anda memilih vendor yang sesuai dengan kebutuhan anda, selanjutnya adalah menggungaah buku anda. Anda perlu membuat akun pada pedangang daring tersebut. unggah buku anda beserta semua informasi yang dinilai dapat menarik perhatian konsumen seprti sampul, deskripsi dan info lain yang relevan. Informasi/ deskripsi yang dibutuhkan setiap penerbit mungkin akan berbeda, untuk itu anda perlu menyesuaikannya. Tapi pada dasarnya setiap informasi yang dibutuhkan tetaplah sama.

Baca Juga :
  1. Cara Menerbitkan Puisi Melalui Media Cetak
  2. Tips Membca Puisi
Demikian cara untuk menerbitkan puisi melalui e-book. Jangan ragu untuk menulis dan menerbitkan puisi.
Advertisement