Minggu, 13 Desember 2015

Cara Menerbitkan Puisi Melalui Media Cetak

Tags
Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Menerbitkan puisi - anda seorang penulis? Ingin tulisan anda dibaca dan dinikmati orang banyak? Menerbitkan puisi adalah jawabannya.selain memperoleh kepuasan pribadi, menerbitkan puisi juga dapat mendatangkan keuntungan secara ekonomi kepada penulisnya. Menerbitkan puisi dapat dengan berbagai cara. Menerbitkan puisi sebagai e-book, lewat media cetak dan lainnya. Berikut adalah cara untuk menerbitkan puisi lewat media cetak:
  • Pahami POD (Print on Demand)
Layanan POD (print on demand) atau permintaan cetak adalah sebuah layanan yang memungkinkan anda untuk bisa mengirim salinan buku anda secara digital dan mencetak bukunya; lewat layanan ini, anda dapat mendistribusikan dan menempatkan buku anda di pasar online sehingga memberi kesempatan buku anda untuk dijangkau pembaca lebih dekat lagi. Layanan POD ini memiliki kelemahan dan kelebihan. Kelebihannya selain dapat dipublikasikan secara online, anda masih memiliki bentuk fisik buku tidak seperti e-book yang hanya menjadi buku digital tanpa fisik buku. Selain itu anda memiliki vendor yang mengerjakan susunan, bentuk dan percetakannya. Kekurangan dari layanan ini anda masih perlu memasarkan buku anda dan biaya yang dikeluarkan tentunya lebih mahal dibanding e-book. Karena susunan, bentuk dan percetakannya ditangani oleh vendor akan membuat ruang berkreasi anda terbatas.

Baca artikel tentang Cara Mempersiapkan Penerbitan Puisi
  • Memilih Vendor
Lakukan survei atau penelitian kepada setiap vendor. Carilah vendor yang sesuai dengan kebutuhan anda dalam menerbitkan buku. Hal yang dapat anda pertimbankan adalah harga, susunan buku, tampilan dan yang lainnya.

memilih vendor
  • Format buku dengan Vendor
Masing masing vendor biasanya memiliki format yang berbeda beda meski perbedaanya kadang kecil karena pada dasarnya pperbedaan format buku tidak berbeda jauh. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menerbitka buku anda adalah: pilih bentuk bukunya, apakah akan dibuat seperti novel atau hardcover. Pastikan anda menulis judul dan nama pengarang. Pilih ukuran kertas, jenis kertas, dan jenis jilid yang akan digunakan dan anda dapat memilih apakah buku anda akan dibuat berwarna atau cukup hitam putih.
pilih format buku
  • Unggah buku
Setelah semuanya selesai, unggah buku beserta sampulny. Jika anda belum membuat sampul buku, biasanya vendor akan membantu anda membuatkan sampul buku. Dan membantu anda dalam memilihkan tema, tata letak dan yang lainnya.

Baca juga : Cara dan Tips Membacakan Pusi

Demikian beberapa cara untuk menerbitkan puisi melalui media cetak. Selamat mencoba.