Cara Mengendalikan Rasa Ingin Marah

Advertisement
thumbnail postingan
Mengendalikan rasa marah terkadang menjadi hal yang sulit dilakukan. Bahkan rasa marah seringkali awet hingga berminggu minggu apabila anda tidak pandai mengendalikannya. Sebelum rasa marah itu semakin merusak semuanya, anda perlu mengontrol rasa marah tersebut. berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengendalikan rasa marah tersebut.
  • Jauhi Situasi Yang Membuat Anda Marah
Pergi dan jauhi situasi yang membuat anda marah. Jangan tetap diam disitu lantas melampiaskan kemaharan anda disana. Segeralah cari tempat lain yang memungkinkan anda bisa lebih rileks. dengan begitu anda bisa lebih tenang dalam menyikapi permasalahan yang ada.

Jauhi Situasi Yang dapat Membuat Marah
  • Tarik Nafas Dalam dalam
Cobalah anda menarik nafas dalam dalam, biarkan otak anda berfungsi seperti seharusnya. Tenangkan fikiran dan buah semua masalah yang membuat anda marah dan kesal.
  • Fikirkan sumber penyebabnya
Anda tidak akan dapat memikirkan penyebabnya apabila fikiran anda di penuhi rasa marah. Tarik nafas dalam dalam, tenangkan dirianda sejenak, barulah setelah itu anda cari sumber masalahnya. Seringkali menyadari sumber masalah bisa membuat anda lebih tenang, dan otak anda lebih jernih dalam mencari penyelesaianya.
  • Fikirkan solusi Pendek
Ketika anda dihadapkan pada masalah yang membuat anda marah, solusi tercepatnya tinggalkan terlebih dahulu. Cari aktivitas lain yang mungkin bisa menenangkan fikiran, hang out dengan teman misalnya. Setelah fikiran anda tenang, anda bisa membicarakan kembali masalah anda untuk menemukan jalan keluarnya. atau apabila anda marah karena putus cinta, lakukan cara untuk menghilangkan stress setelah putus cinta.
  • Minum air Putih
Minum air putih menjadi alternatif lain yang bisa mengendalikan kemarahan anda. Meminum air putih tidak hanya menenangkan fikiran namun juga membantu menenangkan syaraf syaraf anda sehingga fikiran anda bisa lebih lapang. Dengan begitu secara tidak langsung dapat membantu anda menghilangkan dari pengaruh pengaruh negatif.
  • Jalan Jalan
Jalan Jalan menjadi alternatif lain untuk menenangkan rasa marah. Keluarlah menghirup udara segar dan cari tempat tempat yang menyenangkan. Ini dapat membantu anda menjernihkan dan meneangkan kembali fikiran anda, dengan begitu anda akanlebih merasa rileks.
  • Jangan mengambil keputusan saat sedang marah
Jangan pernah mengambil keputusan saat anda sedang marah, karena keputusan yang di ambil saat marah seringkali tidak tepat dan malah menimbulkan masalah baru yang lebih sulit. Untuk itu, tenangkan diri dulu, baru fikirkan keputusan terbaik untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Demikian beberapa cara untuk mengendalikan rasa marah. Cobalah untuk berfikir jernih dan kendalikan amarah anda agar situasi menjadi lebih terkendali.

Advertisement