Minggu, 06 Desember 2015

Cara Menulis Puisi Bagi Pemula

Tags
Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Cara menulis puisi sudah tentu tidak akan sama dengan cara menulis artikel, cerpen dan tulisan lainnya. Karena bisa dibilang puisi itu adalah tulisan yang istimewa karena gaya bahasanya yang indah dan berbeda dengan gaya bahasa sehari hari atau tulisan lain. Apakah menulis puisi itu sulit? sebenarnya tidak juga. Sebelum menulis puisi, sebaiknya anda fahami dulu pengertian puisi dan unsur unsur puisi. Setelah itu, simak beberapa tips menulis puisi untuk pemula berikut ini:
  • Tentukan Tema
Tema merupakan ide pokok yang harus ada dalam sebuah puisi. Sebelum menulis puisi, pastikan anda sudah menetapkan tema apa yang akan di ambil. Cara mendapatkan ide pokok untuk membuat puisi beragam, salah satunya anda bisa mencermati lingkungan sekitar anda yang bisa dijadikan tema puisi seperti kehidupan sosial, bencana alam dan lainnya.
  • Membuat Pohon Kata
Apabila anda masih kesulitan untuk menuliskan kata kata dalam bentuk puisi, cobalah berlatih menggunakan pohon kata terlebih dahulu. Misalkan anda melihat bulan yang bersinar indah, dan anda ingin menuliskannya dalam bentuk puisi. Cobalah anda menuliskan kata yang berkaitan dengan bulan, misalnya: Bulan purnama, malam, gelap, cahaya bulan, dll, dari sana anda dapat menyusunya menjadi kalimat puisi, misalnya:
Pada purnama yang menembus gulita/
Sudikah kiranya kau bagi secercah cahayamu/
  • Diksi
Diksi atau pilihan kata adalah hal yang perlu diperhatikan selanjutnya. Pilihlah kata yang bermakna konotatif atau yang dapat menimbulkan kesan indah. Misalnya saja seperti pada puisi sebelumnya, kata “Gulita” sama dengan kata “gelap” namun ketika di masukan dalam bentuk puisi: “pada purnama yang menembus gulita// Pada purnama yang menembus gelap” kata gulita lebih indah digunakan dibanding dengan menggunakan kata gelap meskipun pada dasarnya maknanya sama.
  • Rima
Rima adalah persamaan bunyi atau disebut juga persajakan. Rima memang salah satu unsur yang mendukung keindahan puisi. Namun dewasa ini, penulisan puisi semakin bebas tidak lagi terikat rima. Anda bebas saja menentukan apakah puisi anda ingin menggunakan rima, atau tidak.
  • Gaya Bahasa
Hal lain yang perlu di perhatikan adalah gaya bahasa. Pilihlah gaya bahasa yang baik agar puisi lebih enak dinikmati. Gaya bahasa dalam puisi dapat beragama seperti personifikasi, hiperbola, metafora, dan lain sebagainya. Contoh majas: “bagai sembilu yang mengiris hati” “Raja siang” dan masih banyak lagi.
  • Tipografi
Tipografi adalah pemilihan tata letak kata yang sesuai untuk puisi. Hal ini juga perlu diperhatikan karena puisi akan indah jika kita pandai meletakan kata di tempat yang semestinya.

Baca Juga : Cara Memahami Makna Puisi

Demikianlah beberapa cara gampang membuat puisi bagi pemula. Selamat mencoba.