Rabu, 30 Desember 2015

Hama dan penyakit Tanaman Belimbing

Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Hama dan penyakit tanaman belimbing- belimbing adalah salah satu jenis buah yang cukup populer, apabila di iris buah ini berbentuk bintang sehigga bentuknya dapat menarik perhatian pecinta buah. Apabila sudah matang, buah ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan serta kaya akan manfaat. Hama dan penyakit menjadi salah satu faktor pembatas dalam budidaya tanaman ini. Keberadaan organisme penganggu tanaman ini dapat menyebabkan penurunan kuantitas maupun kualitas hasil buah. (Baca juga: Hama Tanaman Buah Naga)
  • Lalat buah
Lalat ini merusak tanaman karena imago hama ini menusukan telurnya ke dalam buah belimbing. Sehingga menimbulkan gejala adanya bintik bintik atau noda hitam bekas tusukan imago pada kulit buah. Selain itu, telur yang ditusuka sang induk akan menetas dan larva memakan sari sari dari buah tersebut sehingga menyebabkan buah menjadi busuk dan akhirnya gugur. Beberapa contoh pengendalian untuk hama ini adalah dengan mengumpulkan dan memusnahkan buah yang tersrang untuk memutus siklus hidup hama ini. Dapat juga melakukan pembungkusan buah, penggunaan perangkap methyl eugenol dan secara kimiawi menggunakan insektisida.
  • Hama larva nacoleia
Gejala yang ditimbulkan akibat seranga hama ini biasanya terdapat pada buah. Buah mengalami malformation (perbuahan bentuk/ betuk buah abnormal). selain itu kulit buah yang terserang hama ini mengalami perubahan warna menjadi abu abu. Buah menjadi pecah pecah, kempes dan pada kulit buah terdapat burik atau kudisan Sehingga lama kelamaan buah menjadi gugur. Salah satu cara pengendalian untuk hama ini adalah dengan penyemprotan insektisida pada saat buah masih pentil.
  • Kutu aphid
Hama ini menyerang dengan cara menghisap cairan tanaman sehingga menyebabkan tanaman menjadi layu, mengkerut, dan akhirya menjadi kering. Gejala lain yang biasa ditimbulkan hama ini adalah pada buah, buah menjadi mudah rontok dan ukurannya kecil. Salah satu cara pengendalian untuk hama ini adalah dengan teknik pemangkasan yang tepat dan secara kimiawi dapat menggunakan insektisida.
  • Penyakit jamur upas
Gejala yang ditimbulkan akibat serangan penyakit ini adalah adanya miselium jamur pada bagian batang atau ranting tanaman yang terserang. Selain itu biasanya warna batang dan ranting tanaman yang terserang menjadi terang dan kemudian berubah menjadi bercak putih. Beberapa cara pengendalian untuk penyakit ini adalah dengan menjaaga kelembaban dengan pemangkasan (usahakan tajuk tanaman tidak trlalu rindang) dan secara kimiawi dengan penggunaan fungisida.
  • Penyakit bercak daun
Penyakit ini biasanya menyerang batang atau daun yang masih muda. Penyakit ini menyebabkan tepi daun pada tanaman yang terserang berubah wara menjadi coklat tua dan ungu serta menimbulkan gejala klorotik pada tanaman. Beberapa cara pengendalia penyakit ini adalah dengan mengumpulkan dan memusnahkan bagian tanaman yang tersrang, perawatan tanaman yang baik, pemangkasan teratur dan secara kimiawi dapat dengan aplikasi fungisida.

Demikian beberapa contoh hama dan penyakit pada tanaman belimbing. Semoga bermanfaat