Hama Tanaman Kedelai

Advertisement
thumbnail postingan
Hama tanaman kedelai merupakan salah stau faktor pembatas dalam budidaya tanman kedelai yang apabila tidak dikendalikan akan menyebabkan penurunan hasil dan kerugian yang cukup signifikan. Beberapa jenis hama yang biasa menyerang tanaman kedelai adalah sebagai berikut:

Hama pada tanaman kedelai

  • Ulat penggerek polong (Etiella zinckenella)
gejala yang ditimbulkan akibat serangan hama ini adalah adanya bintik atau lubang yang berwarna coklat tua pada kulit pplng bekas jalan masuk larva kedalam biji. Seringkali terdapat pula kotoran yang berbentuk butiran berwarna coklat pada sisa gigitan hama tersebut. hama ulat ini merusak biji dengan cara menggerek polong muda dan biji kedelai.
  • Kepik Hijau (Nezara viridula)
Hama ini menyerang polong dan biji tanaman.gejala yang ditimbulkan akibat hama ini adalah adanya bercak coklat pada kulit biji yang pada akhirnya menyebabkan biji menjadi hampa atau mengempis, terkadang biji menjadi busuk hingga berwarna hitam dan polong gugur. Nimfa hama ini menyerang dengan cara menghisap cairan pada biji kedelai sehingga biji menjadi kempis dan mengering.
  • Hama kumbang-kumbangan (Epilachana Soyae)
Kumbang ini berwarna merah dan larvanya berbulu duri. Kumbang ini menyerang daun dan mrusak bunga kedelai. Bentuk sayapc kumbang ini keras dengan tipe alat mulut menggigit dan mengunyah. Tanaman inang lain hama ini adalah tanaman kacang kacangan contohnya tanaman kedelai Pada umumnya hama kumbang memakan daun tanaman tetapi masih menyisakan lapisan daun sehingga daun tanaman terlihat transparan. Biasanya hama ini menyerang daun muda atau pucuk, atau bagian lain yang berjaringan lunak.
  • Ulat jengkal (Plusia chalcites)
Larva instar muda hama ini merusak dengan cara memakan daun tanaman dari arah pinggir. Gejala yang ditimbulkan oleh hama ini adalah adanya bercak bercak putih pada daun karena hama ini menyisakan lapisan epidermis dan tulang daun. Sebagian larva yang lebih besar dapat memakan seluruh daun tanaman hingga habis. Serangan terberat hama ini adalah ketika tanaman masih dakam stadia vegetatif.

Demikianlah beberapa contoh hama pada tanaman kedelai.disarankan mengambil langkah pengendalian hama tanaman kedelai terpadu agar lebih efektif dan ramah lingkungan.
Advertisement