Kamis, 24 Desember 2015

Hama Tanaman Pepaya

Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Hama tanaman pepaya- hama pepaya merupakan salah satu faktor pembatas bagi budidaya tanaman pepaya yang dapat mempengaruhi produksi dan keberhasilan dalam budidaya tanaman pepaya ini. selain hama,faktor pembatas lain adalah penyakit tanaman pepaya. Apabila tidak segera dikendalikan, tentu saja keberadaan hama ini dapat merugikan petani secara ekonomi yang dapat pula berimbas pada tidak terpenuhinya permintaan pasar akan komoditas tanaman ini. sebelum melakukan langkah pengendalian, memgidentifikasi hama menjadi salah satu lankah utama yang penting dilakukan agar tidak keliru dalam menentukan langkah pengendalian. Berikut macam macam hama yang dapat menyerang tanaman pepaya:
  • Lalat buah
Hama penting pertama bagi tanamman pepaya adalah lalat buah. Hama ini merusak dengan cara menusukan telurnya kedalam buah pepaya. Larva yang menetas dalam buah pepaya tersebut sangat cepat berkembang biak dan biasanya bergerombol. Gejala yang ditimbulkan akibat serangan buah ini adalah buah menjadi busuk. Sedangkan efek dari sengatannya akan menyebabkan buah rontok atau buah nebjadi abnormal (benjol benjol). Salah satu cara pengendalian untuk hama ini adalah dengan menggunakan atractan (perangkap) methyl eugenol dan pengendalian secara kimiawi dapat menggunakan insektisida.
  • Kutu putih
Biasanya hama ini menyerang dengan cara menghisap cairan sel tanaman sehingga menyebabkan daun tanaman yang terserang menjadi mengkerut, berubah warna menjadi kekuningan. Sedangkan apabila menyerang buah, gejala yang biasa timbul adalah rusaknya kulit luar dan apabila dibuka warna daging buah berubah menjadi berwana blonteng (bangle). Pada serangan berat, hama ini dapat mengakibatkan rusaknya buah pepaya, pertumbuhan tanaman terhambat bahkan menjadi mati. Hama ini biasanya banyak muncul saat musim kemarau dan akan hilang dengan sendirinya saat mulai memasuki musim penghujan. Salah satu langkah pengendalian untuk hama ini adalah dengan memangkas dan memusnahkan bagian tanaman yang terserang. Pengendalian secara kimiawi dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida.
  • Tungau
Ada beberapa jenis tungau yang biasa menyerang tanaman pepaya, diantaranya tungau merah, dan tungan coklat/ ijo. Hama ini merusak tanamn dengan cara menghisap cairan sel tanaman. Biasanya hama ini menyerang bagian pucuk tanaman dan tunas muda. Gejala yang ditimbulkan akibat serangan hama ini adalah adanya bintik kuning yang kemudian akan berubah menjadi hitam pada luka bekas serangan. Bagian tanaman yang terserang biasanya akan mengkerut dan pertumbuhannya menjadi abnormal bahkan dapat gugur. Salah satu langkah pengendalian untuk hama ini adalah dengan menghembuskan tepung belerang ke bagian tanaman yang terserang, secara kimiawi dapat dilakukan dengan penyemprotan akarisida.

Hama berikut apabila tidak segera dikendalikan dapat menurunkan produksi pepaya dan menimbulkan kerugian secara ekonomi pada para petani pepaya. Menjaga kebersihan kebun menjadi salah satu langkah untuk mencegah berkembangnya hama tanaman ini. disarankan untuk melakukan pengendalian dengan bijak dengan menggunakan prinsip pengendalian hama penyakit secara terpadu agar lebih efektif dan ramah lingkungan.

Demikian beberapa hama pada tanaman pepaya. Semoga bermanfaat.