Jumat, 25 Desember 2015

Hama Tanaman Pisang

Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Hama tanaman pisang- pisang merupakan salah satu jenis tanaman buah. Buah pisang berwarna kuning ataupun hijau yang tersusun rapi dalam tandan. Buah pisang merupakan salah sau jenis buah yang populer di Indonesia karena memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Pada umumnya komoditas pisang yang sering dibudidayakan petani adalah pisang jenis lilin. Dalam prakteknya, budidaya pisang ini masih mebemi beberapa kendala salah satu kendalanya adalah serangan hama dan penyakit tanaman pisang. Berikut beberapa jenis hama pada tanaman pisang.
  • Hama penggerek bonggol
Hama ini menyerang tanaman pada satat dalam stadia larva. Larva merusak dengan cara menggerekbonggol tanaman pisang. Jka tidak sgera dikendalikan hama ini dapat mengganggu aliran transportasi hara dari akar ke bagian tanaman lain sehingga menyebabkan tanaman kekurangan unsur hara dan akhirnya mati. Selain itu, luban bekas serangan hama ini juga dapat menyebabkan pintu masuknya serangan hama dan patogen lain pada tanaman pisang, sehingga hama ini cukup berbahaya. Salah satu cara pengendalian untuk hama ini adalah dengan penyemprotan insektisida pada bonggol bonggol pisang yang sudah berlubang, selain itu menjaga sanitasi kebun terutama dari sisa sisa tanaman pisang yang mati akibat hama ini dapat mengurangi sumber inokulum hama.
  • Hama kudis (Nicoleia octamena)
Hama ini biasanya menyerang buah, gejala yang ditimbulkan oleh serangan hama ini adalah kulit biah pisang yang tersrang menjadi kasar. Salah satu langkah pengendalian untuk hama ini adalah secara kimiawi dengan penyemprotan insektisida berjenis Nogos 50 EC dan Basudin 60 EC, sesuai dosis yang dianjurkan.
  • Ulat penggulung daun (Erionata thrax)
Hama ini merupakan salah satu jenis serangga yang berasal dari ordo lepidoptera. Hama ini merusak dengan cara menggulung gulung daun tanaman untuk tempat tinggalnya kemudian memakannya. Pada serangan berat, hama ini dapat menyebabkan seluruh daun tanaman habis dan menyebabkan tanaman menjadi gundul. Salah satu cara pengendalian untuk hama ini adalah dengan memotong dan memusnahkan daun yang terserang hama ini untuk mengurangi sumber inokulum hama. Kemudian dapat juga melakukan langkah pengendalian secara kimiawi dengan cara menyemprotkan insektisida keseluruh daun tanaman yang terserang oleh hama ini.
  • Hama penggerek buah
Hama ini biasanya menyerang buah pisang yang belum terbentuk sehingga serangan hama ini dapat menyebabkan perkembangan buah terhambat bahkan menyebabkan tanaman gagal berbuah. Apabila buah terbentuk, hama ini menyebabkan terjadinya kudis pada buah sehingga menurunkan kualitas buah ini. hama ini merusak dengan cara meletakan telurnya diantara pelepah bunga dan bakal buah sata masih dilindungi oleh pelepah buah. Salah satu cara pengendalian untuk hama ini adalah dengan membungkus tandan buah saat bunga akan mekar.

Demikian beberapa hama pada tanaman pisang. Disarankan untuk menggunakan langkah pengendalian hama terpadu agar lebih efektif dan ramah lingkungan.