Kamis, 10 Desember 2015

Hama Tanaman Teh

Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Hama Tanaman Teh - Teh merupakan tanaman perkebunan yang termasuk tanaman penyegar. Teh merupakan salah satukomoditas yang mampu memberikan kontribusi besar bagi pertanian di Indonesia. Namun, pada kenyataannya dalam praktek budidaya tanaman teh masih menemui kendala khususnya yang disebabkan oleh gangguan OPT (Organisme Pengganggu tanaman) salah satunya hama.dan penyakit tanaman teh.

Hama pada Tanaman Teh

  • Kepik penghisap daun (Helopeltis)
Kepik ini merusak tanaman dengan cara menghisap sari sari daun teh sehingga meninggalkan bercak bercak hitam pada daun. Kepik ini memiliki alat mulut menusuk menghisap. Musuh alami dari kepik penghisap daun ini adalah laba laba lompat, nimpa belalang sembah, capung dan predator lain.
  • Ulat Penggulung daun (Hommona coffearia)
Ulat penggulung daun merusak dengan cara menggulung dua atau lebih daun bersama sama dengan sutra, kemudian dijadikan tempat berlindung hama tersebut. daun yang terserang tidak dapat lagi dipetik sebagai hasil panen. Ngengat homona coffearia aktif hanya di makam hari. Betina dapat mengeluarkan ratusan telur. Musuh alami dari ulat hommona adalah beberapa jenis tawon parasitoid, khususnya Macrocentrus homonae yang merupakan tawon Braconidae.
  • Ulat jengkal (Hyposidra talaca)
Ulat jengkal menyerang dengan cara memakan daun, pupus daun dan pentil teh. Serangan berat dapat menyebabkan daun berlubang dan gundul bahkan bisa habis sama sekali hanya menyisakan tulang daun nya saja. Pengendalian hama ini bisa secara mekanis dengan cara menangkap secara langsung atau dapat juga dengan menggunakan insektisida.
  • Ulat Penggulung daun (Cydia leucostama)
Ulat penggulung pucuk daun merupakan salah satu hama penting di tanaman teh. Ulat tersebut menyerang dengan cara menggulung pucuk daun dengan menggunakan benang benang halus untuk mengikat daun pucuk.
  • Tungau kuning (Polypagotarsonemus latus)
Tungau kuning adalah hama yang berbentuk kecil hanya sekitar 0,25mm. Biasanya tungau muncul pada pucuk muda khususnya pada teh yang baru di pangkas. Umumnya serangan tungau yang berat terjadi pada musim hujan karena kondisinya optimal untuk perkembangbiakan tungau.
  • Empoasca
Hama empoasca sebenarnya adalah hama utama pada tanaman kapas,namun ternyata dapat pula menyerang tanaman teh. Empoasca menyerang pucuk dan daun muda dengan cara menghisap cairannya.

Demikian beberapa hama pada tanaman teh. Disarankan untuk mengambil langkah pengendalian hama terpadu tanaman teh yang bijak agar tidak berdampak negatif pada lingkungan.