Pengertian dan Unsur Puisi

Advertisement
thumbnail postingan
Pengertian dan Unsur Puisi - Puisi adalah hasil refleksi atau ungkapan perasaan dan pemikiran manusia yang bahasanya terikat bait, rima irama yang sarat akan makna. Puisi menggunakan bahasa yang ringkas namun memiliki kandungan makna yang mendalam. Bahasa dalam puisi tentu tidak akan sama dengan bahasa yang digunakan sehari hari, karena puisi lebih menekankan diksi atau pilihan kata yang sarat makna. Puisi memiliki dua unsur utama yaitu unsur intrinsik dan ektrinsik.pengetahuan mengenai pengertian dan unsur puisi ini dapat menjadi modal dasar untuk mengetahui cara menulis puisi bagi pemula.


Unsur Intrinsik Puisi

  • Tema
Tema adalah gagasan pokok atau ide pokok yang ada dalam puisi. Tema menjadi unsur utama yang harus dimiliki oleh sebuah puisi. Tema puisi bisa sangat beragam mulai dari perasaan, pendidikan, alam, politik, dan lain sebagainya.
  • Latar
Latar atau suasana meruapakan unsur perasaan dan pemikiran penyair yang mempengaruhi suasana pembaca atau pendengar puisi. Latar atau suasana yang ditimbulkan bisa beragam dari mulai sedih, marah, haru dan masih banyak lagi.
  • Imaji
Imaji biasanya dikategorikan kedalam beberapa citraan. Yaitu citraan penglihatan, pendengaran, perabaan, gerak intelektual, penciumanm perasaan, dan pengecapan. Dengan demikian imaji bisa diartikan sebagai efek yang ditimbulkan ketika puisi itu di baca atau diperdengarkan.
  • Unsur Amanat
Unsur amanat dalam puisi adalah pesan yang ingin disampaikan penyair melalui tulisannya. Unsur ini kadang tersurat dalam suatu puisi, namun banyaknya amanat dalam puisi ini tersirat. Untuk itu para pembaca hendaknya memahami dengan betul apa yang dimaksudkan penyair melalui tulisannya agar dapat menangkap aanat yang dimaksudkan ini.
  • Gaya bahasa
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gaya bahasa puisi berbeda debgab bahasa yang biasa digunakan sehari hari. Setiap penyair biasanya memiliki gaya bahasa yang berbeda beda. Perbedaan ini dipengaruhi oleh unsur ekstrinsik penyair, seperti lingkungan hidup, perbedaan budaya dan lainnya.
  • Unsur Simbol
Kata atau kalimat dalam puisi bisa saja berbentuk lambang atau simbol yang tidak menunjukan arti yang sebenarnya. Misalnya “Hatinya terbuat dari Sutra” maksud dari kalimat tersebut bukan berarti hati orang yang dimaksud terbuat dari kain sutra, tapi lebih mengandung makna ot=rang tersebut memiliki perasaan yang lemah lembut dan penyayang.
  • Unsur nada/bunyi (Musikalitas Puisi)
Puisi memiliki susunan kata yang berbeda dengan karya sastra lain, sehingga karya tersebut indah untuk di baca dan di dengar. Susunan kalimat teratur inilah yang kemudian disebut unsur nada/bunyi dalam puisi.
  • Unsur Ekstrinsik Puisi
Unsur ekstrinsik adakah unsur yang tidak berhubungan langsung dengan puisi namun dapat berpengaruh terhadap hasil karya puisi itu sendiri. Contoh unsur ekstrinsik adalah keadaan sosial penyair, lingkunganm profesi, pengalaman penyair dan lain lain.

Baca juga :
  1. Memahami Makna Puisi
  2. Cara Mendapatkan Ide untuk Menulis Puisi
Demikianlah sedikit penjelasan mengenai pengertian puisi serta unsur unsur yang terkandung di dalamnya.
Advertisement