Minggu, 20 Desember 2015

Penyakit Tanaman Kedelai

Advertisement
Advertisement

thumbnail postingan
Penyakit tanaman kedelai - kedelai merupakan salah satu komoditas penting di Indonesia. Namun, produktifitas kedelai di Indonesia masih belum optimal. Salah satu faktor pembatas dalam budidaya tanaman kedelai ini adalah adanya serangan hama tanaman kedelai dan penyakit tanaman kedelai yang dapat menimbulkan penurunan hasil yang signifikan.

Penyakit pada tanaman kedelai

  • Penyakit karat
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Phakopsora pachyrhizi. Gejala yang ditimbulkan akibat cendawan ini adalah adanya bintik kecil yang kemudian melebar dan berubah menjadi bercak coklat pada bagian bawah daun.biasanya terdapat pula bercak kecil berwarna coklat kelabu yang nantinya berubah menjadi coklat tua. Bercak ini biasanya diawali dengan adanya bisul (pustul) yang pecah. Gejala seperti ini dimulai dari daun bawah kemudian menyebar ke daun bagian atas (daun muda).
  • Penyakit bercak daun target spot
Penyakit ini disebabkan oleh patogen Corynespora cassiicola . gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah adanya bercak coklat kemerahan pada daun, batang, polong, biji dan akar. Diameter bercak ini berkisar antara 10-12 mm dan tekadang mengalami snasi. Sonasi yaitu gejala yang membentuklingkaran seperti pada papan tembak. Patogen penyebab penyakit ini dapat bertahan pada akar, biji dan dapat pula bertahan pada tanah. Infeksi patogen ini terjadi apabila kelembaban relatif di lingkungan tinggi yaitu 80% atau lebih.
  • Antraknosa
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Collecticum dematium var truncatum dan Collecticum destructivum. Merupakan patogen yang dapat bertahan pada sisa sisa tanaman atau pada biji yang sudah terinfeksi. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah terjadi penebalan pada tulang daun, penebalan ini biasanya diikuti dengan perubahan warna menjadi kecoklatan. Penyakit ini dapat menyerang batang, po;ong dan tangkai daun. pada batang yang terserang, akan menimbulkan gejala bintik bintik hitam berupa duri duri jamur. Serangan penyakit ini dapat menyebabkan perkecambahan biji terganggu. Infeksi pada batang dan paling terjadi selama fase reproduktif. Serangan penyakit ini ada apabila cuaca lembab terutama pada musim hujan.

Demikian beberapa penyakit penting tanaman kedelai. Disarankan untuk mengambil langkah pengendalian hama terpadu tanaman kedelai untuk hasil yang lebih efektif dan ramah lingkungan.